Site icon Floreame

4 Kendaraan MPV Terbaik Pilihan Untuk Perjalanan Jarak Jauh

kendaraan MPV

Ada banyak alternatif kendaraan MPV untuk mendukung perjalanan jarak jauh Anda. MPV atau multi purpose vehicle adalah kendaraan yang berfungsi sebagai pengangkut penumpang sekaligus kendaraan pembawa barang. Kendaraan bertipe ini cenderung memiliki klasifikasi “mini-bus” (bus kecil) sesuai dengan bentuknya.

Produksi kendaraan yang bertipe MPV ini biasanya terdapat dua varian yaitu untuk membawa penumpang (dengan kursi penumpang belakang) dan untuk membawa barang (tanpa jendela dan kursi penumpang belakang). Sebenarnya mobil ini lebih banyak peminatnya karena dapat berguna unutk berbagai keperluan.

Mayoritas penduduk Indonesia gemar bepergian jarak jauh misalnya mengunjungi sanak saudara ataupun bertamasya bersama keluarga. Apalagi di momen libur seperti hari raya Lebaran atau liburan lainnya. Sebagain besar tradisi mudik terjadi di masa ini dan mereka membutuhkan kendaraan berupa mobil untuk dapa mengangkut sanak saudara.

Beberapa alternatif kendaraan MPV yang dapat berfungsi sebagai kendaraan jarak jauh yaitu:

Toyota Avanza Tipe MPV Terlaris

Toyota Avanza adalah jenis Low MPV yang menjadi mobil keluarga terbaik. Mobil ini juga mendapat gelar sebagai mobil sejuta umat karena saking banyaknya orang yang membeli mobil buatan pabrik asal Jepang yang satu ini. Kabinnya yang cukup lega dengan fitur interior terkini membuat mobil MPV modern ini jadi pilihan terbaik para konsumen.

Toyota Avanza memiliki dua pilihan mesin, yaitu mesin berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. Selain itu, seperti Xpander, Toyota Avanza juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni mencapai 200 mm. Bahan bakarnya juga sangat irit sehingga cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Kendaraan MPV Daihatsu Xenia

Secara desain, Xenia tidak jauh berbeda dengan Toyota Avanza. Keduanya memiliki konsep desain yang stylish, serta mengutamakan kenyamanan pengguna mobil. Daihatsu Xenia adalah MPV yang termasuk ke kategori mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh. Durabilitas dan irit bahan bakar.

Daihatsu Xenia memiliki ukuran panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Untuk mesinnya sendiri, telah dibenamkan tipe terbaru, yaitu dual VVT-I 4 silinder (khusus tipe R dan X) yang memiliki torsi jauh lebih responsif dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, Xenia memiliki radius putar sebesar 4,7 m.

Suzuki Ertiga MPV Keluarga

Ertiga sendiri merupakan salah satu mobil MPV yang terbilang memiliki banyak konsumen di pasar otomotif Indonesia. Pilihannya pun cukup variatif, yakni pilihan mesin bensin atau diesel hybrid. Mobil ini sangat nyaman dan memiliki konsumsi BBM sangat irit. Tak hanya itu saja, bahkan konsep desainnya pun juga tak kalah keren dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang berada pada segmen pasar sama.

Mobil yang satu ini hadir dengan varian mesin 1.4 liter, transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed untuk menunjang akselerasi yang mumpuni di kelasnya. Suzuki Ertiga telah dibenamkan mesin tipe K14B DOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan kapasitas mesin sebesar 1.400 cc. Pada bagian kabin di bangku tengah dan belakang, dapat di-split dengan rasio 50:50. Oleh karena itu, pengguna mobil ini dapat membawa banyak barang saat liburan ke luar kota dengan melipat kursi di bagian belakang.

Kendaraan MPV Nyaman Honda Mobilio

Desainnya modern dan inovatif dengan tambahan lampu berteknologi LED. Kemudian, kabinnya luas dengan ukuran interior ideal untuk menunjang kenyamanan para penumpang dalam kabin. Dilengkapi pula fitur terbaru dalam sisi dashboardnya yang mana akan menghibur para penumpangnya.

Lalu, untuk mesinnya sendiri, Honda Mobilio ini menawarkan dua pilihan, yakni tipe mesin bensin 4 silinder SOHC i-VTEC dan mesin diesel 4 silinder DOHC i-DTEC. Hanya saja, untuk sistem transmisinya sama, yaitu manual 5 speed. Meskipun memiliki daya dan torsi yang terbilang besar, tidak berpengaruh pada konsumsi bahan bakar Mobilio. Pihak Honda telah membekali mobil ini dengan fitur CVT (Continuous Variable Transmission) yang membuat perpindahan giginya sangat halus sehingga konsumsi bahan bakarnya bisa menjadi lebih irit.

Itulah beberapa alternatif pilihan mobil tipe MPV untuk perjalanan jauh ke luar kota.

Exit mobile version