Site icon Floreame

Bitcoin Mata Uang Digital Yang Paling Populer

bitcoin mata uang digital

Mendengar kata bitcoin mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda belakangan ini. Ya mata uang ini memang sangat populer dan nilainya sangat tinggi. Banyak orang yang berlomba-lomba membeli bitcoin. Bahkan ada juga yang menggunakannya sebagai mahar pernikahan. Bitcoin mata uang digital yang banyak berguna sebagai transaksi keuangan digital masa kini.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah mata uang baru atau uang elektronik yang tercetus pada 2009 lalu oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin utamanya berguna dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara alias tidak menggunakan jasa bank.

Transaksi ini menggunakan sistem peer to peer (P2P). Namun, sistemnya bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut Bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebagai pengguna baru, anda dapat mulai menggunakan Bitcoin tanpa harus memahami detil teknisnya. Setelah menginstal wallet Bitcoin di komputer atau ponsel, secara otomatis akan membuat alamat Bitcoin pertama dan bisa membuat lebih banyak alamat bitcoin lagi kapanpun Anda membutuhkannya.

Anda bisa memberitahukan alamat Bitcoin itu kepada teman-teman anda sehingga mereka bisa membayar anda ataupun sebaliknya. Sangat mirip dengan cara kerja email, kecuali bahwa alamat Bitcoin sebaiknya hanya Anda gunakan sekali saja.

Saldo-Block Chain

Rantai-blok (blockchain) adalah sebuah catatan transaksi publik di mana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi yang telah terkonfirmasi tersimpan di dalam rantai-blok. Sehingga, wallet Bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat anda belanjakan serta transaksi-transaksi baru dapat terverifikasi untuk memastikan bahwa memang milik pengguna tersebut. Integritas dan urutan kronologis rantai-blok menggunakan kriptografi.

Transaksi-Private Keys

Sebuah transaksi adalah transfer nilai antar wallet Bitcoin yang masuk ke dalam rantai-blok. Wallet Bitcoin menyimpan sebagian data rahasia yaitu private keys atau seed. Hal ini dapat Anda gunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa memang benar berasal dari pemilik wallet. Tanda tangan juga mencegah berubahnya transaksi oleh siapapun setelah terbit. Semua transaksi tersiar ke dalam jaringan dan biasanya akan mulai terkonfirmasi dalam waktu 10-20 menit. Kita menyebut proses ini dengan pertambangan.

Memproses-Mining (Pertambangan)

Pertambangan adalah sistem konsensus terdistribusi yang terpakai untuk mengkonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkannya ke dalam rantai-blok. Proses ini menegaskan urutan kronologis rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer lain untuk menyetujui keadaan sistem. Agar dapat terkonfirmasi, transaksi haruslah tersusun dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi ketat dan akan memburuthkan verifikasi jaringan.

Aturan itu untuk mencegah manipulasi blok sebelumnya karena hal itu membuat semua urutan blok berikutnya menjadi tidak valid. Pertambangan juga seperti sebuah lotre yang kompetitif dalam mencegah setiap individu menambahkan blok baru dengan mudah secara berturut-turut ke dalam rantai-blok. Sehingga, tidak ada individu atau kelompok yang dapat mengendalikan apa yang dimasukkan ke dalam rantai-blok atau mengganti sebagian dari rantai-blok untuk memutar kembali transaksi mereka.

Dimana Bisa Membeli Bitcoin Mata Uang Digital?

Terlebih dahulu perlu Anda ketahui, bitcoin bukanlah benda yang memiliki bentuk fisik. Untuk bisa membeli bitcoin, seseorang perlu mengakses laman perusahaan perdagangan aset kripto. Di Indonesia, ada beberapa perusahaan perdagangan yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti).

Pada laman masing-masing perusahaan tersebut, Anda perlu melakukan pendaftaran akun dan pemilihan metode pembayaran. Setelah melakukan beberapa proses terkait konfirmasi indentitas, maka transaksi pembelian bitcoin sudah bisa Anda lakukan.

Transaksi bitcoin aman untuk Anda lakukan karena telah di awasi oleh lembaga keuangan dan dapat menjadi salah satu bentuk transaksi atau investasi yang sah. Akan tetapi Anda perlu mempelajari lebih lanjut jika ingin bertransaksi di crytocurrency.

Exit mobile version