Site icon Floreame

Cara Membersihkan Helm Motor Yang Berbau Tidak Sedap

cara membersihkan helm

Helm yang sering kita pakai sangat berisiko memiliki bau kurang sedap. Maklum saja, keringat dan kotoran yang menempel pada helm akan mengendap dan tidak bisa hilang begitu aja. Untuk kalian yang biasa mengendarai sepeda motor sebagai transportasi utama pasti pernah mengalami helm yang berbau tak sedap. Atau kalian yang sering berkendara dengan ojek online juga pernah mengalami hal ini. Ada beberapa cara membersihkan helm agar selalu bersih dan wangi.

Makanya kita perlu mencuci helm secara rutin, minimal sebulan sekali supaya rambut tidak gatal dan wajah tidak jerawatan ataupun kusam. Biasanya kotoran yang menempel dari helm akan sampai ke rambut dan juga wajah kita sehingga membuat tampilan wajah menjadi kusam.

Jika helm kamu sudah bau ada banyak cara untuk mengatasinya. Berikut cara membersihkan helm motor:

Lepas Bagian-Bagian Helm dan Bersihkan

Cara pertama membersihkan helm yaitu dengan melepas visor atau kaca helm agar mudah untuk membersihkannya. Pastikan helm kamu memiliki fitur “remove padding” atau busanya bisa kamu lepas. Lepas seluruh bagian busa tersebut hingga helm menjadi batok dengan gabus keras saja.

Jika komponen helm kamu tidak bisa lepas, maka dengan sangat terpaksa kamu harus mencuci helm secara utuh. Cara melepas komponen helm memang berbeda-beda, jadi sebaiknya pelajari dulu cara melepas helm yang benar agar nanti bisa memasangnya kembali.

Rendam Dalam Air Sabun

Untuk menghilangkan minyak-minyak yang menempel di bagian dalam helm, siapkan air hangat dan sabun untuk merendam komponen bagian dalam helm. Rendam padding, bantalan pipi kiri, dan pipi kanan ke dalam larutan air sabun selama 15 – 30 menit.

Semua komponen helm bisa masuk ke dalam larutan air sabun ini, tapi bagian kaca helm sebaiknya tidak perlu kamu masukkan. Penggunaan shampoo bayi untuk membuat larutan sabun yang dapat merendam helm ini memang sangat tepat. Shampoo bayi tidak akan membuat rambut terasa gatal di kemudian hari.

Rendam Dalam Bantalan Pewangi

Setelah mencucinya dengan shampoo bayi, tak ada salahnya jika kamu turut merendam bantalan helm di dalam larutan air dan softener atau pewangi. Tips membersihkan helm yang satu ini cukup penting untuk menghilangkan sisa-sisa bau pada helm.

Di samping itu, dengan merendam bantalan helm di dalam pewangi, maka keharuman helm kamu jadi lebih awet dan tahan lama. Tidak perlu lama-lama dalam merendam bantalan helm. Cukup rendam bantalan selama 15 menit saja.

Jemur Di Terik Matahari

Peras secara hati-hati dan jemur busa di bawah panas yang cukup supaya cepat kering. Perlu kamu perhatikan kalau keringnya lama, helm malah jadi bau apek. Jadi sebaiknya cuci helm saat cuaca panas. Menjemurnya di bawah sinar matahari adalah salah satu cara untuk menghilangkan dan mencegah bakteri dalam helm berkembang.

Selain menghilangkan bau pada helm, menjemurnya di bawah matahari akan membuat spons helm kembali mengembang. Hal ini juga akan membuat helm kembali nyaman ketika kamu pakai.

Pasang Kembali Komponen Helm

Apakah bantalan helm yang kamu cuci sudah benar-benar kering? Jika sudah, maka segera pasang komponen helm Anda. Pasanglah padding helm terlebih dahulu lalu memasang bantalan pipi kiri dan kanan. Kemudian, pasang kaca helm yang tadi dilepas secara cermat. Pastikan semua bagian yang tadi lepas sudah terpasang dengan benar untuk menjamin keamanan helm.

Jagalah kebersihan helm dengan melakukan pencucian ini setiap 1-2 bulan sekali, tergantung seberapa sering Anda memakai helm.

Jika kamu tidak mampu atau tidak sempat mengerjakannya, kami bisa membawa saja ke jasa cuci helm. Saat ini usaha cuci helm semakin banyak dan mudah ditemui.

Exit mobile version