Site icon Floreame

Perbedaan Mobil MPV dan SUV, Jangan Sampai Keliru !

perbedaan mobil MPV dan SUV

Banyak yang masih belum mengetahui apa perbedaan mobil MPV dan SUV. Kedua tipe mobil ini sangat berbeda jika Anda melihatnya dari berbagai sudut. Akan tetapi orang sering keliru ingin membeli dan menggunakan mobil yang mana.

Kedua tipe spesifiksi mobil ini merupakan mobil terlaris dan banyak beredar di Indonesia. Akan tetapi pastikan Anda mengenali perbedannya sehingga tidak salah membeli kendaraan.

Perbedaan Mobil MPV dan SUV dari Segi Fungsi

SUV merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle dan termasuk jenis mobil sport. Bentuk, ukuran sampai kekuatan mesin sesuai dengan kebutuhan kendaraan sport. Jenis mobil sport pada umumnya memiliki spesifikasi kuat dan tangguh di segala medan. Bisanya digunakan untuk perjalanan dengan medan menanjakyang curam, off road tingkat mudah, dan segala aktivitas sport lainnya.

Sementara itu MPV merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle yang berfungsi sebagai mobil keluarga. Desain, body, hingga kekuatan mesinnya menyesuaikan untuk kebutuhan kendaraan keluarga serta mengutamakan segi kenyamanan. Biasanya berfungsi untuk mengangkut barang dalam jumlah sedikit, mengangkut orang, dan juga untuk perjalanan jarak jauh.

Perbedaan Tinggi Mobil Ke Permukaan Tanah

Ground clearance atau tinggi mobil dari permukaan tanah pada MPV dan SUV sejatinya cukup jauh berbeda. Pada SUV, ground clearancelebih tinggi agar mobil tidak tersangkut di medan off-road atau jalanan bergelombang. Sementara MPV sebagai mobil penumpang on-road, umumnya mempunyai desain ground clearance rendah. Namun belakangan ini ada beberapa merek MPV yang punya ground clearance tinggi dan bahkan menyamai tinggi SUV.

Ada MPV yang punya ground clearance mencapai 200 mm, sehingga sekilas terlihat gagah seperti SUV. Saat melihat yang seperti ini, tak jarang konsumen mengira MPV tersebut adalah SUV. Padahal meski tinggi, desain kaki-kaki MPV tidak sekokoh SUV yang memang berfungsi untuk medan off-road.

Beda Kekuatan Mesin dan Bahan Bakar

Sebagai karakter mobil sport, SUV memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, yaitu di atas 1.500 cc. Mobil jenis ini cocok melewati jalanan off road. Sedangkan rata-rata MPV hanya dilengkapi mesin berkapasitas di bawah 1.500 cc. Jadi dari segi kekuatan mesin pun sangat berbeda sehingga menghasilkan tarikan dan daya akselerasi yang juga berbeda.

Dalam penggunaan bahan bakar, SUV biasanya lebih boros. Hal itu sangat wajar karena mobil ini memiliki fitur canggih pada tiap komponennya. Penyebab lain borosnya bahan bakar ialah penggunaan penggerak 4 roda. Kalau untuk MPV biasanya memiliki sistem pengelolaan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Perbedaan Mobil MPV dan SUV dari Muatan Jumlah Penumpang

Perbedaan mobil SUV dan MPV bisa terlihat dari kapasitas penumpangnya. Mobil MPV yang memang berfungsi sebagai kendaraan keluarga, jelas mobil ini mampu mengangkut penumpang lebih banyak sekitar 7 orang serta memiliki kabin lebih luas. Berbeda dengan SUV yang dapat mengangkut penumpang tidak sebanyak MPV.

Dulu, sangat mudah mengenali apakah sebuah mobil MPV atau SUV hanya dengan melihat dari jumlah penumpangnya. Jika sekilas terlihat ada 3 baris tempat duduk, pastilah itu MPV. Tapi saat ini sudah ada SUV yang hadir dengan 7 tempat duduk. Jika sekadar melihat jumlah penumpang saja, bisa keliru menganggap SUV adalah sebuah MPV atau sebaliknya.

Desain macho pada beberapa MPV berpenumpang 7 orang ada yang cukup mirip dengan desain SUV 7-seaters yang beredar di pasaran. Meski SUV 7-seaters biasanya punya kap rendah di tempat duduk baris ketiga, hal tersebut kurang jelas jika memperhatikan sekilas dan tidak masuk dalam kabin. Dalam hal ini pun kadang orang terkecoh apakah mobil tersebut SUV atau MPV.

Perbedaan Harga

Bicara soal harga, sebenarnya antara mobil SUV dan MPV memiliki harga yang bervariasi tergantung kategori mobil. Tapi rata-rata mobil SUV tergolong mobil premium, tak heran jika harganya melambung tinggi bahkan hingga miliaran rupiah. Kalau mobil MPV, paling hanya di kisaran ratusan juta, atau jika ada yang dibanderol sampai miliaran, tentu sudah tersedia berbagai fasilitas kelas premium demi kenyamanan ekstra.

Melihin mobil SUV maupun MPV tentu menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan si pengguna. Ada pengemudi yang merasa lebih nyaman dengan SUV dan sebaliknya. Keduanya sama-sama bagus dan memiliki keunggulan masing-masing yang harus menyesuaikan dengan budget pengguna.

Exit mobile version