Floreame.net – Melatih kemampuan public speaking. Public Speaking merupakan salah satu seni berbicara yang harus di miliki oleh setiap pembicara yang bertujuan untuk menarik perhatian audiens.

Meskipun terlihat simple dan mudah, nyatanya public speaking harus di lakukan dengan teknik yang baik lho. Karena apabila tidak di lakukan dengan teknik yang tepat tentu materinya tidak akan bisa di terima oleh audiens.

cara melatih public speaking

Selain itu, masih banyak masyarakat terutama kalangan anak muda yang belum memahami teknik public speaking dengan baik. Sehingga sering terjadi gerogi hingga kesalahan yang di lakukan saat melakukan public speaking.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk melakukan public speaking dengan baik, di sini floreame akan menjabarkan beberapa teknik yang bisa kamu tiru untuk melatih kemampuan public speakingmu menjadi lebih baik.

1. Menentukan poin materi

Materi yang akan di pakai untuk melakukan public speaking tentunya sangat penting untuk kamu siapkan. Biasanya materi public speaking sendiri adalah tentang audiens yang menjadi dasarnya.

Oleh karena itu, kamu harus bisa menentukan materi yang tepat agar dapat di terima oleh audiens. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencatat beberapa poin dari materi yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

2. Berlatih di depan cermin

Untuk mengasah kemampuan public speaking dengan baik. Kamu harus melakukan latihan dengan rajin dan konsisten.

berlatih kemampuan public speaking didepan cermin

Kamu bisa mencoba melatih diri dengan menggunakan cermin terlebih dahulu sebelum melakukan public speaking di hadapan banyak orang.

Dari sini kamu akan menilai kemampuan bicaramu sudah sampai tahap mana. Dengan berlatih di depan kamera setiap hari, kamu akan terbiasa berbicara dengan bahasa yang baik di sertai tata gerak yang terlihat profesional.

3. Kenali audiens

Untuk memiliki kemampuan public speaking yang baik, pastikan kamu bisa menganalisa dan mengenali audies dengan singkat.

Karena tidak melulu kamu melakukan public speaking dengan audiens yang kamu kenal. Kamu bisa saja melakukan public speaking dengan beberapa kolega, atau bahkan dengan orang asing sekalipun.

Oleh karenanya, kamu harus bisa memahami audiens meski hanya dengan melihat mimik mukanya atau kata pembuka jika dia mengatakan sesuatu. Di sini kamu harus bisa mengambil kesimpulan dan mengimbangi cara bicaramu dengan audiens.

4. Tunjukan rasa profesional

Saat melakukan public speaking di depan umum atau bahkan dengan audiens yang ramai. Pastikan gaya bicaramu tidak kaku dan terlihat enjoy.

tunjukan rasa profesional

Kamu juga bisa mencampurkan tata bicara yang humor beserta emosi agar materi public speaking yang kamu presentasikan menjadi hidup dan mudah di ingat oleh audiens.

Selain itu, dengan menggunakan sentuhan humor saat melakukan public speaking akan menyegarkan suasana. Dan juga biasanya audiens akan lebih menyukai presentasi yang di sertai humor dan juga candaan.

5. Minta feedback

Selain melakukan latihan public speaking di hadapan cermin, kamu juga bisa melatih kemampuan public speaking di hadapan beberapa orang terdekatmu seperti keluarga atau teman – teman.

minta feedback orang sekitar

Kamu pastinya tidak akan merasakan malu jika melakukan public speaking di hadapan keluarga atau teman terdekat. Setelah melakukannya, kamu bisa meminta penilaian terhadap mereka terhadap gaya public speaking yang kamu lakukan.

6. Temukan karakter

Agar kemampuan public speakingmu menjadi sempurna, kamu bisa mencari karakter yang pas dengan dirimu. Karena biasanya public speaker tidak hanya di kenal dengan penyampaian materinya yang baik melainkan juga karakternya yang berbeda.

Pastikan juga untuk tidak mengikuti gaya bicara orang lain. Dengan memiliki karakter yang unik, tentunya kamu akan lebih mudah di ingat oleh audiens.

Nah, itulah beberapa cara atau teknik yang bisa kamu gunakan untuk melatih kemampuan public speaking agar menjadi lebih baik dan sempurna.***