dry shampoo

Dry shampoo sering kali menjadi alternatif banyak orang untuk membuat rambut menjadi tidak lepek. Biasanya, shampo kering ini mereka gunakan untuk mereka yang beraktivitas padat atau belum sempat keramas. Namun, penggunaan sampo ini memiliki beberapa dampak negatif lho, apa saja sih? ini dia dampak negatif penggunaan dry shampoo yang perlu kamu ketahui. 

1. Tidak dapat membersihkan rambut

sry shampoo

Sampo kering sama sekali bukan sampo jadi ini tidak bisa menggantikan fungsi shampo yang biasanya kamu gunakan untuk keramas. Produk pati dan alkohol yang disemprotkan atau ditaburkan akan menyerap minyak di rambut, sehingga tidak terlalu terlihat. Ini tidak menghilangkan minyak dan kotoran seperti scrub dengan sampo dan air. Jadi rambutmu hanya tampak tidak berminyak tapi tetap kotor.

2. Dapat menyebabkan kerusakan rambut

Produk perawatan rambut aerosol sering kali mengandung alkohol yang dapat mengeringkan rambut kamu. Saat rambut kering, serat individu dapat retak dan tersangkut satu sama lain saat kamu menyisir atau menata rambut, yang menyebabkan kerusakan.

3. Penggunaan yang berlebihan dapat menyumbat folikel rambut

Terlalu sering menggunakan sampo kering atau membiarkannya di rambut dalam waktu lama tanpa membilasnya dapat menyebabkan penumpukan produk di kulit kepala.

Akumulasi produk penataan rambut bisa membuat kulit kepala gatal. Ada kemungkinan penumpukan juga dapat menyebabkan folikulitis. Ini adalah infeksi bakteri atau jamur pada folikel rambut.

4. Jarang mencuci rambut bisa menyebabkan ketombe dan kulit bersisik

Meskipun tidak ada penelitian yang menunjukkan sampo kering secara langsung menyebabkan ketombe, dokter tapi kulit kepala yang terlalu berminyak dapat menyebabkan ketombe. Jadi, jika kamu membiarkan dry shampoo di kulit kepala, kamu juga meninggalkan minyak yang terserap.

Minyak juga memakan jenis jamur yang terkenal sebagai Malassezia, yang dapat menyebabkan kondisi kulit kepala bersisik dan merah atau dermatitis seboroik.

BACA JUGA: 6 Idol Wanita rambut Pendek yang Super Cantik

5. Memiliki potensial menyebabkan kanker

dry shampoo

Beberapa dry shampoo komersial mengandung bedak. Bedak adalah mineral yang, dalam keadaan alami, dapat mengandung partikel asbes, salah satu zat penyebab kanker. Saat ini, bedak talk yang bertujuan untuk keperluan kosmetik di Amerika Serikat tidak boleh mengandung asbes di dalamnya.

Baru-baru ini, kekhawatiran telah muncul tentang kemungkinan hubungan antara bedak talk bebas asbes dan kanker ovarium. Penelitian berfokus pada bedak dalam produk yang dimaksudkan untuk digunakan di area genital. 

Itulah beberapa dampak negatif penggunaan dry shampoo untuk rambut. Sebaiknya, kamu gunakan produk ini sesekali saja. Menggunakannya terlalu sering akan menyebabkan berbagai risiko seperti yang sudah kami jelaskan di atas. 

Tidak ada risiko kanker yang diketahui dari sampo kering yang mengandung bedak, tetapi American Cancer Society mendorong orang-orang yang peduli dengan risiko kanker untuk menghindari penggunaan produk sampai lebih banyak penelitian dilakukan.

BACA JUGA: Cara Penggunaan Cat Rambut Yang Bisa Kamu Terapkan

By Intan