Floreame.net – Baby Blues Syndrome. Ibu yang baru melahirkan biasanya rentan mengalami baby blues. Tapi sebenarnya apa yang di maksud baby blues syndrome? Jika kamu baru saja menjalani proses melahirkan atau sedang menunggu kelahiran bayi sebaiknya harus mengetahui hal ini.

Baby Blues Syndrome

Baby blues syndrome adalah perubahan suasana hati setelah kelahiran yang bisa membuat ibu merasa terharu, cemas, hingga mudah tersinggung. Kondisi ini biasanya di alami oleh ibu baru dan membuat ibu menjadi musah emosi, khawatir berlebihan, dan tidak sabaran.

Parahnya lagi, ibu yang sedang mengalami baby blues menjadi sulit tidur padahal sedang dalam keadaan lelah. Atau bahkan bisa menangis tanpa alasan yang jelas.

Meskipun baby blues hanya terjadi sementara waktu dan tidak lebih parah dari depresi pasca melahirkan. Sebaiknya kamu tidak mengabaikan gejala yang terjadi. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi baby blues yang harus kamu ketahui.

Penyebab Baby Blues Syndrome

1. Kelelahan

Pastinya seorang ibu akan mengalami proses melahirkan yang cukup melelahkan. Belum lagi aktivitas mengasuh bayi setelah melahirkan. Ibu akan mengalami kelelahan yang berkepanjangan. Hal ini menjadi salah satu penyebab ibu mengalami baby blues.

Penyebab Baby Blues Syndrome

Biasanya ibu akan mengalami keadaan dimana bayi belum bisa menyusui secara langsung. Sehingga ibu harus melatih bayi agar bisa menyusui secara langsung. Terkadang permasalahannya bisa terjadi karena bayi yang masih susah membuka mulut, sementara puting ibu yang masih kaku dan berukuran besar setelah melahirkan.

Memang hal ini harus tetap di lakukan. Ibu harus terus melatih bayinya untuk bisa menyusui secara langsung. Meskipun prosesnya memakan waktu dan menguras tenaga serta kesabaran.

2. Perubahan Tubuh Secara Drastis

Penyebab lainnya yang membuat ibu mengalami baby blues adalah perubahan tubuh secara drastis dan tak terduga. Beberapa ibu memang sensitif dengan perubahan tubuh yang di alaminya. Karena ibu yang baru melahirkan harus makan sedikit lebih banyak untuk menghasilkan ASI yang juga banyak.

Hal inilah yang membuat ibu mengalami berat badan yang bertambah sehingga membuat sebagian ibu merasa terganggu dengan keadaan tubuhnya yang sekarang. Belum lagi mungkin ibu mendengar perkataan menyakitkan dari orang sekitar yang membuatnya semakin tertekan.

3. kesulitan Beradaptasi

Ibu baru biasanya akan kaget dengan suasana barunya yang memiliki tanggung jawab terhadap bayi mungil. Hal ini akan membuat ibu kewalahan untuk beradaptasi.

Seorang ibu harus sigap mengurus kebutuhan bayi mulai dari buang air kecil, ketika haus dan lapar, ketika mandi dan lain sebagainya. Hal ini pastinya akan membuat “ibu baru” mengalami kesulitan dan kelelahan. Tak jarang juga orang sekitar yang berkomentar negatif tentang keadaan bayi.

Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome

Sebenarnya syndrome ini bisa hilang dengan sendirinya, namun tetap di butuhkan adanya bantuan dan dukungan dari suami, keluarga, dan juga sahabat.

ara Mengatasi Baby Blues Syndrome

Jika ibu merasa mengalami baby blues syndrome, sebaiknya ibu juga harus mengetahui cara mengatasi baby blues agar syndrome ini tidak terjadi berkepanjangan.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi baby blues syndrome :

  1. Istirahat yang cukup untuk pemulihan tubuh pasca melahirkan.
  2. Luangkan waktu untuk me-time.
  3. Konsumsi multivitamin untuk menjaga kesehatan ibu.
  4. Konsumsi juga makanan yang sehat dan bergizi untuk menghasilkan ASI yang lancar dan berkualitas.
  5. Sharing dengan suami dan orang terdekat.
  6. Bergabung dan berbagi pengalaman dengan ibu lainnya yang baru melahirkan.

Jika keadaan yang ibu rasakan masih belum reda, sebaiknya ibu melakukan konseling dan terapi untuk bisa meredakan baby blues syndrome yang sedang di alami.