Site icon Floreame

6 Lagu Kpop yang Sukses Setelah Lama Dirilis

Terkadang saat lagu K-pop rilis, lagu tersebut menjadi hit dan langsung menjadi viral. Namun, beberapa lagu tidak mengalami lonjakan popularitas hingga beberapa waktu berlalu setelah rilis karena berbagai alasan. Fenomena ini dikenal dalam bahasa Korea sebagai 역주행 “Yeokjoohaeng”. Dalam industri musik, kata ini digunakan ketika lagu-lagu lama mendapatkan popularitas di tangga lagu. Banyak lagu yang sesuai dengan deskripsi ini langsung terlintas di benak, berikut adalah enam lagu Kpop yang sukses masuk ke tangga lagu lama setelah rilis, kemudian menjadi viral.

1. Lagu Kpop yang Sukses: EXID – ” Up & Down”

Munculnya “Up & Down” setelah peringkat awalnya telah menyelamatkan karier EXID. Berkat fancam yang berfokus pada Hani yang menampilkan koreografi lagu, grup tersebut secara bertahap menaiki tangga musik tidak lama kemudian dan bahkan memenangkan beberapa penghargaan acara musik lima bulan setelah tanggal rilis asli lagu tersebut.

2. IU – “Hold My Hand”

Menjadi lagu pertama yang IU tulis dan komposeri adalah “Hold My Hand” mengetahui kesuksesan besar saat itu selama rilis awal untuk drama “The Greatest Love” pada tahun 2011. 10 tahun kemudian, OST menyaksikan kenaikan besar di tangga lagu utama Korea. Hal ini karena IU menampilkan live performace untuk lagu tersebut dari konser tur tahun 2019 yang ia unggah di YouTube pada akhir tahun 2020.

3. Lagu Kpop yang Sukses: Oh My Girl – “Dolphin”

Meskipun tittle track adalah yang biasanya menjadi sorotan, terkadang trek sisi-b menyelinap di belakangnya dan mendapat sorotan. Begitulah kasus lagu ceria ini yang mengembalikan Oh My Girl ke tangga lagu berkat Instagram story yang IU posting. Solois ini juga merilis cover singkat “Dolphin” yang membawa lagu tersebut masuk kembali ke tangga lagu. Pada tahun 2020, “Dolphin” adalah lagu b-side dengan charting terpanjang di Gaon Digital Chart Top 10 untuk girl grup. Ini adalah salah satu lagu Kpop sukses yang harus kamu dengarkan.

BACA JUGA: 5 Prestasi BTS yang Membanggakan, Berhasil Mengukir Sejarah Musik!

4. LABOUM – “Journey to Atlantis”

Perjalanan LABOUM dimulai ulang! Meskipun “Journey to Atlantis” selalu menerima banyak cinta dari penggemar dan tentara yang bertugas di militer, namun lagu ini tetap kurang populer di masyarakat. Tapi ketika tiba-tiba muncul kembali di tangga musik Korea, itu mengarah pada diskusi tentang girl grup yang melakukan hit yang bangkit kembali ini di acara musik.

5. PENTAGON – “Shine”

Lagu K-pop yang sukses selanjutnya datang dari Pentagon. Sempat tertidur saat pertama kali keluar, “Shine” akhirnya menerima perhatian yang pantas lagu ini dapatkan sebulan setelah rilis. Bop yang meriah ini akhirnya berhasil masuk ke dalam 100 chart real-time teratas Melon berkat para idola yang mengulangi poin dansa utama “hammer dance”.

6. Brave Girls – “Rollin ‘”

“Rollin ‘” adalah lagu Kpop yang sukses dari Brave Girls sekaligus menjadi penyelamat karir mereka. Lagu inilah yang membuat Brave Girls kembali menjadi sorotan. Empat tahun setelah rilis aslinya, lagu tersebut melejit di berbagai tangga musik Korea berkat video YouTube yang menunjukkan kompilasi dari berbagai penampilan grup tersebut dari lagu ini bersama dengan komentar yang kebanyakan dari pria yang menyelesaikan wajib militer.

BACA JUGA: 8 Idol yang Membuka Channel Youtube, Jangan Lupa Subscribe!

Exit mobile version