manfaat garam untuk kulit

Selama ini kita hanya mengenal garam sebagai salah satu bumbu dapur penyedap makanan. Garam banyak mengandung yodium yang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi jangan terkejut jika garam juga mengandung zat-zat alami yang baik dan memiliki manfaat untuk kulit.

Garam ternyata ampuh sebagai bahan alami dalam perawatan kecantikan, bahkan bisa memutihkan kulit. Cukup dengan garam dapur, kamu sudah mendapat perawatan kecantikan kulit secara alami tanpa khawatir efek sampingnya. Akan tetapi garamnya juga harus kamu pilih misalnya memiliki butiran yang halus dan tidak kasar saat teraplikasi di wajah.

Garam mengandung beragam mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, zat besi, zinc, dan lainnya. Berbagai kandungan garam tersebut bermanfaat untuk kulit yang meradang hingga mencerahkan kulit wajah. Berikut adalah beberapa manfaat garam untuk kulit serta cara membuatnya yang bisa kamu coba di rumah.

Meredakan Jerawat

Salah satu masalah kulit yang paling banyak membuat orang kesal terutama kaum hawa adalah jerawat. Apalagi, jerawat bisa menyerang kapan saja. Jika wajah kamu berjerawat pasti akan merasa ingin segera menghilangkannya. jangan khawatir ada garam yang mampu mengatasi masalah ini.

Untuk meredakan jerawat itu, kamu bisa atasi dengan menggunakan garam. Caranya, campurkan 1/4 sendok makan garam dengan segelas air hangat. Kemudian, rendamlah sedikit kapas ke dalamnya, Letakkan kapas tersebut di area jerawat dan biarkan sekitar satu menit.

Mengangkat Sel Kulit Mati

manfaat garam mengangkat sel kulit mati

Manfaat garam untuk wajah juga untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Umumnya, proses mengangkat sel-sel kulit mati, istilahnya scrubbing atau eksfoliasi. Jika rutin melakukan eksfoliasi dengan scrub, maka kulit wajah Anda akan tampak lebih bersih, bersinar, dan sehat. 

Salah satu cara mengangkat sel-sel kulit mati bisa menggunakan bahan alami, seperti garam. Garam memiliki tekstur berupa butiran-butiran kecil yang dapat membantu menghaluskan wajah dan mengembalikan hidrasi pada kulit wajah. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan garam meja, melainkan garam laut untuk membuat scrub wajah. Selain itu, gunakan pula cuka apel sebagai astringent dan daun mint yang berfungsi untuk meredakan peradangan. 

Cara membuat scrub garam untuk kulit wajah, pertama tuangkan cuka apel secukupnya ke sebuah wadah, lalu tambahkan 1/8 cangkir garam laut. Potong 1-2 tangkai daun mint segar. Masukkan potongan daun mint ke dalam campuran garam dan cuka apel.Aduk seluruh bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta kental. 

Untuk mendapatkan manfaat air garam untuk wajah ini, oleskan scrub garam ke permukaan kulit seperti Anda menggunakan scrub biasa. Pijat lembut dengan gerakan melingkar. Kemudian, bersihkan wajah Anda menggunakan air hangat. 

Mengatasi Ruam Kulit

Garam kaya akan magnesium sulfat sehingga bisa mengobati gatal-gatal pada kulit. Menggunakan garam bisa mencegah gatal dan menenangkan kulit.

Caranya, campurkan satu cangkir air panas dan garam ke dalam mangkuk, biarkan dingin dan kemudian memasukkannya ke dalam kulkas dan biarkan membeku, selama 20 menit. Setelah dingin, terapkannya pada daerah yang terkena dan biarkan selama sekitar 30 menit.

Toner Alami

toner garam

Manfaat garam untuk wajah lainnya adalah sebagai toner wajah alami yang dapat membantu membersihkan sisa-sisa debu, kotoran, atau make up yang menempel di wajah. Hal ini bukan tanpa alasan karena garam mampu menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Penggunaan toner wajah untuk kulit berjerawat ternyata juga bermanfaat. Manfaat air garam untuk wajah dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat berkat kandungan antibakteri di dalamnya. 

Cara membuat toner wajah dari air garam adalah cukup campurkan 1 sendok makan garam laut dan sejumput garam Epsom ke dalam satu gelas air hangat. Pastikan garam dan air telah larut dengan sempurna. Kemudian, masukkan campuran air hangat garam tersebut ke dalam botol semprot berukuran kecil. Gunakan toner wajah dari air garam ini setelah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Caranya, cukup tuangkan toner wajah dari air garam pada kapas, lalu oleskan ke permukaan wajah. 

By Mita