Site icon Floreame

6 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Kulit Tidak Sehat

penyebab kulit tidak sehat

Bingung, mengapa kulit kamu tidak sehat padahal kamu rutin menggunakan skincare? Bukan tanpa alasan, penyebab kulit tidak sehat bisa dikerenakan kebiasaan yang selama ini kamu lakukan. Tanpa kamu sadari, kulit menjadi kusut dan tak segar serta masalah pun bermunculan. Yuk ketahui, apa saja sih kebiasaan yang sebaiknya kamu hilangkan. 

1. Tidur tanpa menggunakan skincare

Menggunakan skincare sebelum tidur merupakan langkah penting untuk merawat kulit. Ini dapat membantu kamu mendapatkan kulit sehat yang kinclong. Perawatan kulit malam hari mencakup 2 langkah utama, pertama adalah tidur tepat waktu dan kedua adalah memberikan hidrasi yang tepat pada kulit.

BACA JUGA: Kiat Memilih Produk Perawatan Kulit Yang Cocok Untuk Anda

2. Minimnya aktivitas fisik

Kurang olahraga bukan hanya berdampak pada tubuh yang menjadi tidak sehat tapi juga pada kulit. Sebaiknya, sempatkan waktu untuk mulai berolahraga guna mendapatkan kulit yang kencang dan tampak sehat. 

3. Pori-pori tersumbat makeup setiap hari

Penyebab kulit tidak sehat adalah karena riasan yang tebal. Riasan tebal sehari-hari tidak baik untuk kulit. Riasan tebal menyumbat pori-pori kulit dan hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit. Pori-pori yang tersumbat adalah sel kulit mati yang menumpuk di kulit dan menyebabkan komedo, komedo putih, dan jerawat.

Oleh karena itu, kurangi kebiasaan menggunakan makeup tebal dan gantikan dengan riasan ringan. Hal terpenting lainnya adalah jangan lupa menghapus riasan di malam hari. Ini adalah langkah yang sangat penting untuk memberikan ketenangan pada kulit.

BACA JUGA: Bikin Kulit Mulus, Ini 7 Manfaat Toner untuk Wajah

4. Membasuh wajah dengan air keran

Membersihkan wajah dengan air keran juga tidak diperbolehkan karena air keran mengandung klorin yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan dapat menghilangkan kelembapan kulit yang penting. 

5. Sering mengkonsumsi Makanan Manis dan Goreng 

Apa pun yang kamu makan dapat berdampak pada kulit. Jika kebiasaan makan baik seperti makan lengkap, buah-buahan sehat, jus dan minuman detoksifikasi, kulit hampir tidak menghadapi masalah seperti jerawat, kusam, kekeringan, atau produksi sebum berlebih. Tetapi jika kamu sering mengonsumsi minuman berkarbonasi, minuman ringan, permen, junk food, dan makanan cepat saji, berbagai masalah kulit akan muncul. Makanan semacam itu membawa radikal bebas ke dalam tubuh dan kulit, yang selanjutnya mengarah pada penyebab gejala penuaan.

Oleh karena itu, selalu pilih makanan sehat, terutama makanan yang diperkaya vitamin C. Jenis vitamin ini dapat menangkal radikal bebas dan memberi banyak manfaat untuk kulit. 

6. Membeli skincare tanpa tahu jenis kulit sendiri

Kebiasaan ini berbahaya, anggaplah jenis kulit kamu kering, tapi kamu membeli pencuci wajah yang dibuat untuk kulit berminyak. Lalu apa yang terjadi? Kulit kamu akan menjadi lebih kering alih-alih terhidrasi. Jadi, pastikan membeli produk yang sesuai!

BACA JUGA: Manfaat Serum untuk Kulit Berdasarkan Jenisnya

Exit mobile version