penyebab skincare tidak bekerja

AHA adalah asam yang larut dalam air yang berasal dari tumbuhan dan sumber hewani. AHA mencakup beberapa jenis asam seperti asam tartarat, asam sitrat, asam laktat dan jenis asam lainnya. Kandungan yang satu ini kerap kali menjadi bahan utaman dalam produk skincare, memang apa sih manfaat AHA untuk kulit? Berikut ulasannya. 

1. Menghasilkan Manfaat Antioksidan

manfaat AHA untuk kulit

AHA memiliki potensi antioksidan yang luar biasa, menjadikannya pilihan yang bagus untuk memerangi kerusakan akibat radikal bebas dan juga meringankan bintik hitam dan hiperpigmentasi.

BACA JUGA: Manfaat Serum untuk Kulit Berdasarkan Jenisnya

2. Memiliki Super Exfoliant Powers

Ketika sel-sel kulit mati, ini akan menumpuk di bagian atas kulit. AHA memiliki kemampuan untuk melepaskan sel-sel kulit mati tersebut. 

Asam luar biasa ini mengelupas kulitdi tingkat sel, membantunya menyingkirkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori, Hasilnya, kulit pun akan lebih cerah. Jadi, siap-siap ucapkan salam perpisahan dengan kulit kusam kamu. 

3. Merangsang Produksi Kolagen

Kolagen baik untuk kulit. Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen di kulit menurun. Selain itu, sinar UV yang berbahaya dapat menyebabkan kerusakan protein berserat ini dan dapat memunculkan berbagai masalah kulit termasuk kulit yang kusam dan kulit yang kendur.

AHA tidak hanya bekerja pada epidermis kulit tetapi juga menunjukkan efek yang luar biasa pada dermis (lapisan kulit yang lebih dalam). Dengan meningkatkan produksi kolagen, AHA mampu membuat kulit tampak lebih sehat dan halus. 

BACA JUGA: 6 Jenis Essential Oil Beragam Khasiat Dan Manfaat

4. Mengatasi Jerawat

AHA memiliki efek antimikroba yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Hal ini dapat mencegah munculnya jerawat dan juga menjadikan AHA pilihan yang baik untuk mengobati jerawat membandel. 

5. Menghidrasi Kulit Kamu

AHA mengunci kelembaban di kulit kamu yang membuatnya tetap lembut dan terhidrasi. Sifat pelembabnya dapat menenangkan kulit kering dan juga mencerahkan warna kulit.

Humektan seperti asam laktat, asam glikolat, dan asam malat menarik air ke kulit, sehingga membuat kulit kamu tetap terhidrasi. Bagi mereka yang memiliki kulit kering, asam laktat adalah pilihan teratas untuk memulihkan hidrasi.

6. Memiliki Manfaat Anti Penuaan

manfaat AHA untuk kulit

Manfaat AHA untuk kulit selanjutnya adalah mampu mengatasi masalah penuaan. AHA bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen oleh fibroblas (sel penghasil kolagen di kulit) dengan mengurangi degradasi matriks dermal yang ada, dan dengan meningkatkan aliran darah. AHA membantu meminimalkan munculnya garis permukaan dan kerutan. Kerutan memang mengganggu.

Itulah beberapa manfaat AHA untuk kulit. Dengan kemampuannya tersebut, tentu saja ini menjadikan alasan mengapa AHA banyak digunakan dalam rangkaian produk skincare. Jadi apakah produk perawatan wajahmu juga menggunakan kandungan ini?

BACA JUGA: 6 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Kulit Tidak Sehat

By Intan