tips bersepeda

Sekarang ini bersepeda seakan menjadi salah satu trend yang menarik untuk di bahas. Hampir semua orang gila bersepeda bahkan dengan gear yang mencapai ratusan juta rupiah. Tidak jarang sepeda yang di pamerkan saat berolahraga memiliki merek Brompton, Ridley, Cervelo, Cannondale, dan juga merek mahal lainnya. Tapi, apakah Anda tahu tips bersepeda yang baik bagi tubuh? Karena jika salah, bersepeda bukan tidak mungkin malah berdampak buruk dan mencederai Anda.

Bersepeda merupakan olahraga yangsa ngat menyenangkan untuk Anda lakukan. Termasuk dalam kelompok aerobik, saat bersepda semua otot di tubuh Anda terpakai secara signifikan misalnya saja otot kaki dan betis. Selain itu olahraga ini sangat baik untuk paru-paru, jantung, dan ketahanan stamina tubuh.

Orang yang bersepeda akan merasa berkeringat, harus mampu mengatur pernapasan, dan bahkan mengalami peningkatan suhu tubuh. Bahkan efek sampingnya apabila Anda salah bergerak mungkin saja mengalami nyeri lutut atau bahkan memicu serangan jantung jika di pacu secara berlebihan.

Maka dari itu mari kita simak tips bersepeda yang baik dan benar bagi tubuh agar tetap sehat.

1. Pilih Sepeda Yang Cocok Untuk Anda

tips bersepeda yang pas

memilih sepeda sebenarnya harus di sesuaikan dengan bentuk tubuh dan juga kenyamanan penggunanya. Antara satu orang dengan yang lainnya tentu akan memiliki spesifikasi kriteria sepeda yang berbeda. Begitupun dengan jenis sepeda yang di gunakan untuk trek di perkotaan atau trek di pedesaan yang berbukit. Anda harus menyesuaikan jenis sepeda dengan kemampuan dan tubuh Anda.

Jika sepeda yang Anda pilih tidak sesuai dengan tubuh Anda, maka kemungkinan besar Anda dapat mengalami nyeri otot saat menggunakannya secara terus menerus. Biasanya sepeda umum memiliki ukuran jarak 2,5-5 cm antara pangkal paha dengan kerangka sepeda bagian atas. Hal ini unutk menghindari lutut yang terkena bagiang stang saat mengayuh.

Ketika pedal berada di titik terendah dalam rotasi, idealnya posisi kaki harus sedikit menekuk. Kaki yang teralalu lurus bahkan terlalu jauh akan membuat Anda kesulitan mengayuh. Tekuk siku sedikit saja sehingga tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan setang. harus membuat posisi yang paling nyaman agar tidak mudah lelah dan cedera.

2. Menggunakan Pakaian Yang Nyaman

memilih pakaian yang nyaman

Kenakanlah pakaian yang nyaman unutk bersepeda. Jika memungkinkan kenakan set baju dan celana yang pas badan unutk bersepeda dan khusus di desain untuk olahraga sepeda. Menggunakan pakaian yang nyaman akan membantu Anda menyerap keringat sehingga tidak terasa kepanasan atau semacamnya.

Selain itu juga perhatikan kondisi lingkungan jika Anda harus bersepeda di malam hari. Kenakan pakaian atau asesoris seperti sepatu yang menyala di dalam gelap. Lengkapi juga sepeda Anda dengan peralatan seperti lampu atau asesoris di bagian pedal dan sadel yang dapat menyala di malam hari.

3. Mengubah-Ubah Posisi Tubuh saat Bersepeda

bersepeda

Berolahraga sepeda baiknya di lakukan selama 60 menit per hari sudah sangat cukup. Kemampuan Anda tentu berbeda dengan atlet pesepeda profesional yang bahkan dapat bersepeda selama berjam-jam. Saat ersepeda ada baiknya Anda mengubah-ubah posisi tubuh agar tidak pegal dan kaku. Sehingga otot dan saraf tidak selalu tertumpu pada titik tertentu.

Selain itu Anda dapat mengubah sudut punggung, leher, dan tangan. Anda bahkan bisa berdiri di atas pedal sepeda sembari sepeda tersebut berjalan. Intinya hindari mencengkram atau berada dalam satu posisi terlalu lama karena akan membuat otot Anda kram dan nyeri.

By Mita