detoks digital

Tidak dapat di pungkiri bahwa teknologi dan internet sangat memudahkan untuk kita semua. Akan tetapi, apakah Anda mengetahui bahwa sebagian besar pengguna internet kecanduan dengan konten yang ada di dunia maya tersebut. Ada yang di namakan detoks digital. Apakah itu? Mari kita bahas lebih lanjut.

Rata-rata orang Indonesia menggunakan internet selama 8 jam sehari. Hal ini juga terus meningkat seiring dengan adanya pandemi dan orang menjadi terus menerus berada di rumah. maka dari itu tidak dapat di elakkan bahwa penggunaan internet dan teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan masa kini.

Tahukan Anda bahwa ada oang-orang yang tidak bisa lepas dari ponsel, sosial media dalam waktu sehari atau bahkan beberapa jam saja. Alasannya beragam seperti pekerjaan, ingin update sosial media, bermain game, menonton video, dan yang lainnya. Maka dari itu terkadang orang menjadi cemas berlebihan bahkan bisa depresi melihat konten-konten yang ada di sosmed.

Maka dari itu Anda perlu detoks digital unutk mengurangi ketergantungan dan juga mengurangi dampak negatif internet bagi tubuh.

Gunakan Intenet Hanya Untuk Kegiatan Wajib

Anda dapat menggunakan internet hanya untuk kegiatan wajib Andz seperti bekerja. Bagi Anda yang bekerja 8 jam sehari seperti jadwal kantor, mungkin hanya menggunakan internet hanya untuk bekerja. Memang awalnya tidak mudah bagi Anda apalgi sudah kecanduan dengan sosial media atau menonton film serta video. Anda dapat menghibur diri Anda di internet akan tetapi batasi penggunaannya.

Misalnya jika Anda aktif menggunakan sosial media dan intenet pada siang hari, sebaiknya Anda mematikan notifikasi ponsel dan mengurangi aktivitas pada perangkat elektronik sebelum tidur. Dengan tetap menggunakan ponsel sebelum tidur, maka Anda akan sulit tidur dan malah terjaga sepanjang malam.

Nongkrong Dengan Keluarga Atau Teman

detoks digital nongkrong dengan teman

Memperbanyak kehidupan sosial Anda di luar dunia maya juga sangat membantu unutk Anda bisa detoks digital. Dengan bertemu teman lama atau mengobrol santai bersama keluarga akan membuat Anda bisa melupakan sejenak ponsel dan segala kehidupannya. Meski begitu ada juga beberapa orang yang sangat cemas dengan ponselnya bahkan ketika mereka mengobrol bersama dengan orang lain.

Maka dari itu solusinya adalah dengan mencoba menjauhkan ponsel Anda saat bersama dengan orang lain. Berusahalah unutk mendengarkan dan respek terhadap lawan bicara Anda jika sedang berkumpul. Hargai waktu dan kebersamaan yang Anda dapatkan karena berkumpul secara fisik belum tentu dapat di lakukan dengan mudah karena saat ini sudah di mudahkan dengan teknologi.

Menerapkan 20-20-20

Rata-rata manusia menghabiskan hampir setengah dari setiap hari menatap layar, dan yang menjadi korban akibat kebiasaan tersebut adalah tubuh kita sendiri. Misalnya saja radiasi mata, penglihatan kabur, dan lain sebagainya. Untuk mencegah hal ini karena terlalu banyak menatap layar, terapkan aturan 20-20-20.

Setelah 20 menit Anda melihat layar, alihkan pandangan Anda pada objek lain sejauh 20 langkah dari posisi Anda selama 20 detik. Untuk menghindari leher pegal akibat terlalu sering memainkan ponsel dengan menunduk, ganti posisi Anda memegang ponsel lebih tinggi agar sesekali kepala Anda berada dalam posisi mendongak. Dan hindari menggunakan jempol terlalu sering saat menggunakan gadget agar jempol Anda terhindar dari peradangan, iritasi, dan rasa sakit. Usahakan untuk menggunakan jari yang berbeda untuk mengetik.

Cari Hobi Yang Anda Sukai

hobi melukis

Setiap orang pasti memiliki hobi di luar yang berhubungan dengan teknologi dan internet. Misalnya saja berjalan-jalan, berkebun, memasak, melukis, bersepeda, membaca buku, atau hobi yang lainnya. Anda dapat mengalihkan perhatian Anda dari gadget dan internet dengan mengerjakan hobi yang Anda sukai. jangan hanya terfokus pada ponsel dan dunia maya.

Dengan menekuni hobi akan membuat Anda lebih bisa menghargai hidup, merasa lebih ceria dan juga bahagia. Anda dapat mengalihkan perhatian dan sukses melakukan detoks digital saat menghabiskan waktu dengan menekuni hobi. Jangan jadikan menonton serial sebagai hobi, karena sebenarnya bukan relaksasi yang sesungguhnya akan tetapi akan membuat Anda semakin lelah.

By Mita