Floreame.net – Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Asam Lambung Yang Naik. Asam lambung yang biasa di sebut GERD, merupakan penyakit yang terhubung dengan sistem pencernaan. Hal ini di sebabkan oleh tingkat asam pada lambung yang mengalir ke kerongkongan secara terus menerus.

Sehingga saat kadar asam sudah sampai kerongkongan, maka akan menyebabkan sakit perut yang tidak tertahankan. Asam lambung juga tidak bisa di jadikan penyakit yang sepele karena bisa merusak jaringan tubuh hingga yang terparah bisa menyebabkan kematian.

pertolongan pertama mengatasi asam lambung

Penyakit asam lambung juga bisa kumat secara tiba – tiba. Jika kamu pernah mengalaminya, inilah pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat sedang mengalami asam lambung.

1. Melonggarkan Pakaian

Biasanya yang menyebabkan asam lambung naik secara tiba – tiba adalah karena terjadi penekanan pada perut. Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan melonggarkan pakaian.

Melonggarkan pakaian dapat membantu kamu meringankan sesak dan mules yang di rasakan oleh perut.

2. Berdiri Tegak

Cara termudah yang bisa kamu lakukan saat penyakit asam lambung sedang kumat adalah dengan berdiri tegak. Dengan berdiri tegak, setidaknya dapat mengurangi tekanan pada otot kerongkongan bagian bawah.

Hal ini tentunya dapat mengurangi rasa sakit di perut akibat penyakit asam lambung yanag tiba – tiba naik.

mengatasi asam lambung

3. Tinggikan Posisi Bantal

Jika penyakit asam lambung tiba – tiba kumat saat kamu sedang di rumah. Kamu bisa mengatasinya dengan berbaring di kasur dengan posisi bantal yang lebih tinggi.

Hal ini terbukti ampuh untuk membantu meringankan sakit perut akibat asam lambung yang tiba – tiba naik.

4. Kunyah Permen Karet

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan sakit perut karena asam lambung adalah dengan mengunyah permen karet. Sebenarnya cara ini di bilang sangat simple dan sederhana.

Namun kenyataannya, dengan mengunyah permen karet dapat menghasilkan jumlah air liur yang jika di telan justru dapat mengurangi keasaman di kerongkongan.

5. Konsumsi Minuman Madu dan Jahe

Untuk mengurangi rasa sakit akibat penyakit asam lambung. Kamu bisa membuat minuman sederhana dari jahe yang di campur dengan madu.

minuman madu dan jahe

Hal ini di karenakan jahe yang bersifat anti inflamasi dan juga madu yang berkhasiat sebagai anti mikroba. Tentunya dapat mengurangi peradangan serta rasa sakit dan mual yang di rasakan oleh perut.

6. Minum Obat Asam Lambung

Untuk bisa mengatasi asam lambung dengan cepat, kamu bisa mengkonsumsi obat khusus untuk meredakan sakit yang di akibatkan oleh penyakit asam lambung.

Kamu bisa menemukan obat yang cocok untuk mengatasi asam lambung di apotik terdekat. Namun pastikan juga penggunaannya di bawah pengawasan dokter.

7. Makan Sayuran Hijau

Jika kamu sering mengalami asam lambung yanag tiba – tiba naik, cobalah untuk rajin mengkonsumsi sayuran hijau. Hal ini di karenakan sayuran hijau dapat membantu mengeluarkan kadar asam pada lambung.

Selain itu, dengan sering memakan sayuran hijau dapat menggairahkan serta menghilangkan enzim berbahaya yang ada pada sistem pencernaan.

mengatasi asam lambung dengan sayuran hijau

8. Sebaiknya Hindari Makanan Olahan

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi asam lamabung yang sering kumat adalah dengan menghindari makanan olahan.

Biasanya makanan olahan dan juga gula dapat menyebabkan peradangan pada perut yang bisa menurunkan aktivitas asam serta memicu gejala naiknya asam lambung.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi kenaikan asam lambung yang biasa terjadi secara tiba – tiba.***