Kebiasaan Sehari - Hari Yang Membuat Kulit Wajah Terlihat Lebih Tua

Floreame.net – Kebiasaan sehari – hari yang membuat kulit wajah terlihat lebih tua. Terkadang kita menilai usia seseorang dari wajahnya. Hal ini biasa terjadi saat kita belum mengenal seseorang dan tidak tahu berapa usianya, oleh sebab itu kita hanya bisa menilainya dari wajah.

Namun tidak jarang juga apa yang menjadi tebakan kita tersebut salah. Beberapa orang ada yang terlihat lebih muda di bandingkan usianya, begitupun sebaliknya.

Kebiasaan Sehari - Hari Yang Membuat Kulit Wajah Terlihat Lebih Tua

Hal yang paling umum terjadi saat kita melihat seseorang yang nampak lebih tua di bandingkan usia nya adalah karena faktor penuaan dini.

Sebenarnya penuaan kulit sendiri merupakan proses alami yang sering terjadi seiring bertambahnya usia. Namun ada juga beberapa kebiasaan sehari – hari yang membuat kulit wajah terlihat lebih tua.

Berikut ini adalah kebiasaan sehari – hari yang sering tidak di sadari dan justru membuat kulit wajah terlihat lebih tua di bandingkan usianya.

1. Sering minum menggunakan sedotan

Wajah terlihat lebih tua karena minum menggunakan sedotan

Kebiasaan yang masih sering di lakukan oleh banyak orang adalah dengan minum menggunakan sedotan. Untuk pengetahuan kamu, terlalu sering minum menggunakan sedotan dapat menyebabkan wajah terlihat nampak lebih tua di bandingkan usia.

Kemunculan tanda penuaan bisa di awali dengan munculnya garis halus pada area bibir, dan dalam jangka panjang tentunya dapat mempengaruhi struktur kulit wajah secara keseluruhan.

2. Kurangnya kualitas tidur

Waktu tidur yang tidak berkualitas juga menjadi penyebab terjadinya penuaan dini. Hal ini di karenakan proses regenerasi sel tubuh menjadi terganggu. Sehingga menyebabkan wajah tampak lebih lesu dan kusam.

Selain itu, pola tidur yang kurang dari 5 jam dapat meningkatkan resiko penuaan dini sekaligus rusaknya fungsi penghalang kulit.

kurangnya kualitas tidur

Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, usahakan untuk meningkatkan waktu tidur yang berkualitas minima 7 – 9 jam untuk mendapatkan kulit yang lebih segar dan nampak awet muda.

3. Stres yang berlebihan

Hal lain yang menyebabkan wajah nampak lebih tua adalah stress yang terlalu berlebihan. Saat stres melanda, otak akan secara otomatis melepas hormon kortisol.

Hormon ini yang nantinya mempengaruhi kadar kolagen sehingga membuat kulit terlihat lebih tua. Cara mengatasi stres berlebihan yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan hal yang kamu sukai dan cari tahu penyebab stres untuk bisa menangani kondisi tersebut dengan baik.

4. Posisi tidur menghadap samping

Jika kamu sering tidur menghadap samping, sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Tidur dengan mengarah kesamping dapat memunculkan garis halus tanda penuaan dini yang di sebabkan oleh tekanan bantal pada bagian dagu dan pipi.

Wajah terlihat lebih tua karena tidur menghadap kesamping

Hal ini memang tidak bisa langsung menunjukan perubahan signifikan pada kulit. Namun dalam jangka panjang tentunya hal ini dapat mempengaruhi terjadinya faktor penuaan dini.

5. Sering menggosok mata

Salah satu kebiasaan yang yang membuat wajah terlihat lebih tua adalah karena sering menggosok mata. Dengan menggosok atau mengucek mata secara berlebihan justru dapat mengakibatkan munculnya mata panda.

Jika kamu sering menggosok mata, sebaiknya mulai sekarang untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Karena selain dapat memunculkan mata panda yang mengganggu, dengan sering menggosok mata juga dapat mempengaruhi penampilan wajah secara keseluruhan.

6. Badan terlalu kurus

Tidak hanya pola hidup, tubuh yang terlalu kurus juga menjadi penyebab wajah terlihat lebih tua di bandingkan usianya. Hal ini di karenakan kurangnya lemak pada wajah yang membuat kulit terlihat lebih kendur.

Wajah terlihat lebih tua karena terlalu kurus

Jika kamu memiliki tubuh yang terlalu kurus, sebaiknya untuk mengatur pola makan yang lebih baik untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Itulah beberapa kebiasaan yang secara tidak sadar membuat wajah terlihat lebih tua di bandingkan usianya. Jika kamu masih sering melakukan kebiasaan di atas, ada baiknya untuk kamu mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan tersebut.***