Di rumah Saja

Di rumah saja, mungkin sudah menjadi tagline selama pandemi ini. Sudah lebih dari setahun, kita, dan semua manusia yang ada di bumi ini merasakan pandemi Covid-19. Semua ini menimbulkan dampak bagi kehidupan manusia mulai dari kesehatan, gaya hidup, bahkan ekonomi. Mulai saat ini hidup manusia tidak lagi sama seperti ketika penyakit ini belum muncul. Saat ini kita sadar bahwa pandemi bukan hanya soal kesehatan.

Covid-19 menyerang berbagai kalangan dan kehidupan mereka tidak lagi sama seperti sedia kala. Mereka lebih mudah lelah, cepat terserang penyakit, lemas, mengantuk, dan lain sebagainya. Beberapa orang mengalami kesulitan ekonomi karena tidak dapat melakukan kegiatan sebagaimana mestinya.


Lain halnya dengan orang yang sering bepergian, nongkrong untuk melepaskan penat bersama keluarga ataupun teman-teman. Melakukan hal yang seperti biasa menjadi sangat sulit karena harus melalui protokol kesehatan yang ketat. Pemerintah membatasi kegiatan dan menganjurkan untuk tetap berada dirumah. Tujuannya satu, yaitu membuat virus Covid-19 ini tidak mampu berkembang.

Mungkin banyak dari Anda yang masih tetap tinggal di rumah karena pandemi ini. Atau bahkan mencari cara lain untuk dapat tetap bertahan di tengah pandemi. Anda harus melakukan hal yang positif untuk membuat tubuh dan pikiran tetap sehat.

Pandemi mengubah kehidupan

Kegiatan Di Rumah Saja dan Tetap Sehat

Fenomena ini tentunya membuat sebagian besar orang suntuk, jenuh, merasa tidak produktif, karena tidak dapat melakukan kegiatan apapun di luar rumah. Sebenarnya masalah ini dapat merusak daya tahan tubuh Anda.

Anda dapat menghindari penyakit dengan memiliki tubuh yang bugar. Selain itu kesehatan pikiran juga dapat menunjang kesehatan Anda. Sebetulnya pikiran yang tidak sehat akan mengawali proses perkembangan penyakit di tubuh Anda. Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental yaitu:

Mengurangi Penggunaan Media Sosial

Menjaga kesehatan mental selama pandemi
Koneksi dan kesehatan mental

Segala informasi menggelinding bak bola panas di media sosial. Anda harus mengenali dan menyaring informasi yang positif hingga HOAX dan membohongi publik. Banyak informasi yang tujuannya menyesatkan pembaca sehingga mereka merasa ketakutan berlebihan dan mengganggu kesehatan mental. Membatasi penggunaan media sosial sangat penting karena akan berdampak negatif bagi pikiran.

Tetap terkoneksi dengan sesama

Menjaga Kontak Sosial Meski Di Rumah Saja

Menjaga jarak fisik bukan berarti Anda memutus kontak sosial dengan teman-teman dan keluarga Anda. Anda tentu masih dapat menghubungi teman ataupun keluarga dengan memanfaatkan layanan teknologi seperti video call ataupun berbagai platform lain. Tetap berbicara dan berbagi tentang yang Anda lalui hari ini, sangat penting untuk menjaga kewarasan pikiran Anda.

Melakukan Hobi

Mungkin selama di rumah saja Anda bingung melakukan kegiatan untuk mengisi waktu luang. Anda dapat mulai melakukan hobi atau kegiatan yang selama ini tidak dilakukan karena sibuk dengan rutinitas harian. Misalnya saja berkebun, melukis, belajar bermain musik, ataupun kegiatan lain yang membuat pikiran Anda lebih rileks dan nyaman.

Olahraga dan pandemi

Melakukan Olahraga Secara Teratur

Kegiatan ini tentunya akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh. Anda yang dulunya tidak biasa berolahraga mungkin dapat mencoba melakukan kegiatan ini selama pandemi. Anda dapat melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Melakukan kegiatan seperti yoga, kardio, lari, bersepeda, atau apapun yang membuat tubuh bergerak.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang Anda makan akan menentukan kesehatan Anda. Pernyataan tersebut memang sangat mendukung untuk dapat menjaga kesehatan tubuh Anda. Mencoba untuk mengurangi makanan yang manis dan berlemak, juga memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Anda harus memperhatikan nutrisi dari asupan makanan yang Anda makan. Misalnya terdiri dari karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Makanlah secukupnya sehingga berat tubuh Anda juga tetap terjaga.

Pandemi tidak membatasi Anda melakukan semua hal yang ingin dilakukan. Anda harus tetap melakukan hal yang baik untuk tubuh dan pikiran. Meski vaksin sudah mulai disuntikkan kepada masyarakat, ada baiknya Anda tetap waspada dan selalu berusaha untuk hidup sehat.

By Mita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *