Floreame.net – Fenomena Aplikasi TikTok. TikTok sekarang menjadi aplikasi media sosial yang banyak di gemari oleh semua kalangan. Tapi tahukah kamu, penggunaan berlebihan pada aplikasi TikTok nyatanya akan memberikan dampak terutama pada remaja. Lalu bagaimana dampak yang di dapatkan oleh remaja jika terlalu sering menggunakan TikTok? Simak ulasan berikut ini.

Fenomena Aplikasi TikTok

Dampak Positif dari Fenomena Aplikasi TikTok

Tidak semua penggunaan sosial media selalu menimbulkan dampak yang negatif. Dari sekian banyak dampak negatif yang di hasilkan dari penggunaan media sosial, pasti ada dampak positifnya juga yang harus bisa kita jadikan pertimbangan.

1. Meningkatkan Kreatifitas

Penggunaan TikTok pada remaja nyatanya membuat kreativitas remaja semakin meningkat. Kebanyakan remaja menjadi memiliki keahlian dalam editing video dari TikTok yang mereka buat sendiri.

Selain itu juga, mereka di haruskan untuk selalu bisa menciptakan ide terbaru untuk konten yang akan mereka buat. Sehingga itu akan membuat kreativitas pada seorang remaja semakin berkembang.

2. Menambah Ilmu Baru

Banyak konten TikTok sekarang yang memberikan informasi edukatif. Hal ini bisa membuat pengguna TikTok terutama remaja bisa mendapatkan ilmu baru yang pastinya akan bermanfaat di kehidupan nyata.

Media sosial yang sedang naik daun ini semakin sering menghadirkan content creator yang berkualitas. Banyak Guru, Dosen, Dokter, dan berbagai profesi lainnya yang dengan sukarela membagikan ilmunya kepada pengguna TikTok yang kebanyakan juga masih remaja.

3. Menghasilkan Uang Tambahan

Dampak positif lainnya yang di dapat dari penggunaan media sosial TikTok adalah bisa menghasilkan uang tambahan. Ya, untuk kamu yang belum tahu, kita bisa mendapatkan uang dari TikTok dengan menjadi content creator di dalamnya.

Kamu bisa membuat video bermanfaat untuk mendapatkan like dari penonton. Sekarang juga sudah banyak remaja yang merasakan dampak positif ini. Sehingga mereka semakin rajin membuat konten yang berkualitas untuk bisa menghasilkan uang.

4. Memperbanyak Teman

Selain dampak positif yang sudah di jelaskan di atas. Mendapatkan banyak teman baru juga menjadi dampak positif yang bisa di rasakan remaja saat menggunakan media sosial yang viral ini.

Karena media sosial ini menawarkan fitur komen sehingga mereka bisa saling mengenal dan berkomunikasi melalui laman komentar dari setiap konten.

Dampak Positif dari Fenomena Aplikasi TikTok

Dampak Negatif dari Fenomena Aplikasi TikTok

Nah, kalau ngomongin dampak negatif dari penggunaan TikTok sih gak perlu di jelaskan panjang lebar lagi lah ya. Nyatanya penggunaan media sosial yang sedang viral ini memberikan dampak negatif terutama untuk remaja.

1. Membuat Kecanduan

Dampak negatif yang paling umum terjadi pada remaja adalah rasa kecanduan. Biasanya remaja yang sudah tergila – gila dengan aplikasi ini menjadi lupa waktu.

Bahaya dari aplikasi ini adalah remaja akan meninggalkan pelajaran sekolah, tidak mendengarkan nasehat orang tua dan pastinya banyak hal negatif yang di timbulkan saat remaja sudah kecanduan dengan aplikasi TikTok.

2. Melupakan Kewajiban

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, remaja yang sudah ketagihan dengan aplikasi TikTok ini akan cenderung melupakan apa yang menjadi kewajibannya.

Biasanya kewajiban remaja adalah belajar. Namun karena dampak TikTok membuat mereka sengaja melupakan kewajibannya. Jika hal ini sudah terjadi, peran orang tua lah yang harus bisa mengawasi kegiatan remaja terutama dalam penggunaan aplikasi TikTok.

Dampak Negatif dari Fenomena Aplikasi TikTok

3. Fenomena Aplikasi TikTok “Mengikuti Tren”

Sebenarnya mengikuti tren tidaklah begitu buruk. Namun yang banyak kita ketahui, banyak juga konten kreator TikTok yang memberikan tren negatif yang banyak ditiru oleh kebanyakan remaja kita.

Banyak hal yang tidak pantas justru diikuti oleh kebanyakan remaja.

Nah, itulah dampak yang akan terjadi pada remaja dari fenomena TikTok yang gak ada habisnya ini. Sebaiknya kita juga jangan terlalu berlebihan dalam penggunaan media sosial apapun agar dampak yang timbul juga tidak berlebihan.