pengertian koin staking

Staking adalah salah satu cara mendapatkan passive income dari aset crypto. Passive income adalah pendapatan yang tidak membuat kamu terlibat secara langsung. Misalnya, penghasilan dari hal-hal seperti properti sewaan, kemitraan, atau investasi aset seperti aset crypto. Banyak yang masih belum mengenali pengertian koin staking. Di artikel ini akan membahas hal tersebut secara lebih dalam.

Mudahnya staking ini hampir mirip dengan  deposito, di mana kamu hanya perlu menyetorkan nominal uang, meminta bank mengelolanya dan akan dapat bunganya. Aset atau mata uang crypto yang terkunci tersebut akan berkontribusi untuk menyelaraskan semua  keinginan  pemangku kepentingan.

Cara Kerja dan Pengertian Koin Staking

proof of stake

Staking adalah salah satu cara yang paling populer untuk mendapatkan pendapatan pasif pada pasar perdagangan aset kripto. Staking dapat menyimpan aset kamu pada wallet yang memiliki layanan staking. 

Aset yang masuk ke dalam blockchain yang menggunakan konsensus algoritma Proof-of-Stake untuk jangka waktu tertentu. Jumlah keuntungan yang akan kamu peroleh tergantung pada harga dan jumlah aset kripto yang kamu kunci serta durasi Anda mengunci aset tersebut.

Mereka yang melakukan staking pada aset kripto mereka dalam blockchain PoS biasanya adalah sebuah tahapan validator. Validator mendapatkan imbalan ketika mereka berhasil memvalidasi transaksi. Setiap PoS memiliki beragam aturan khusus untuk validatornya. 

Ada yang menentukan aturan validasi berdasarkan periode penguncian aset atau menentukan batas minimum tertentu. Berdasarkan aturan dan algoritma validator, PoS bekerja untuk melakukan validasi secara aktual dan mendistribusikan imbalanuntuk validator. Imbalan atau bunga biasanya akan di hitung berdasarkan jumlah aset yang kamu kunci.

Contoh, dalam blockchain PoS yang menggunakan aturan batas minimum, node akan menyetorkan sejumlah aset kripto ke dalam jaringan lalu di kunci. Jika node berhasil membuat blok baru, maka validator akan menerima imbalan. Semakin banyak jumlah aset kripto yang ada dan makin lama penguncian kamu lakukan, semakin besar keuntungan yang ada.

Agar blockchain dapat bekerja secara efisien, validator harus menyediakan layanan yang stabil. Salah satu upaya untuk menjaga kestabilan PoS adalah dengan memotong bunga aset kripto validator yang bertindak curang. Pemotongan bunga ini secara langsung oleh blockchain. 

Sistem Penghitungan Reward

Sebenarnya tidak ada yang bisa menjawab dengan pasti bagaimana sistem reward ini berlaku. Umumnya setiap jaringan rantai blok memiliki cara yang berbeda saat menghitung reward staking. Namun, secara umum ada beberapa cara yang dapat menentukan jenis reward.

Hal – hal tersebut mencakup tentang banyaknya koin yang anda gunakan dalam validator, proses waktu oleh validator saat melakukan staking koin, jumlah total staking koin yang kamu gunakan dalam jaringan blockchain, tingkat inflasi serta beberapa hal lainnya.

Pada beberapa jaringan block chain umumnya reward akan ada dengan jumlah persentase yang tetap. Nah, proses distribusi reward ini melalui tahapan inflasi. Inflasi memiliki tujuan untuk mendorong pengguna agar mereka segera menghabiskan koin daripada menyimpan koin tersebut. Saat ini jadwal dan proses perhitungan dari reward merupakan jenis informasi publik yang bisa di akses kapanpun oleh siapapun.

Jenis Dompet Untuk Staking

crypto wallet

Exodus

Jadi, jika anda masih sangat dasar serta belum mengetahui banyak hal tentang kripto maka bisa memilih exodus wallet karena tujuan mereka membuat exodus wallter yakni semua orang bisa lebih mudah menggunakan kripto bahkan dapat mulai berinvestasi dengan mata uang kripto.

Ledger

Perangkat dompet kripto yang lain yang sudah beredar di pasaran adalah Ledger. Orang memilih menggunakan jenis perangkat keras seperti Ledger bertujuan untuk menghindari hacker yang mungkin bisa mengakses akun yang mereka miliki. .

Trust Wallet

Dompet multi-koin ini juga bisa anda gunakan di perangkat seluler yang anda miliki baik dengan sistem operasi android maupun iOS. Cara untuk mengatur dompet ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan dompet lain yakni setelah anda mengunduhnya maka anda bisa memasangnya dan selanjutnya anda bisa mengirim sejumlah uang kripto ke alamat staking yang anda miliki.

Atomic Wallet

Atomic Wallet merupakan dompet kripto yang ada sejak tahun 2018. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan dari sistem staking koin maka anda harus melakukan transfer koin terlebih dahulu ke bagian alamat staking yang sudah ada di Atomic Wallet.

By Mita