khasiat air lemon

Anda tidak perlu meragukan lagi khasiat air lemon karena memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh. Buah ini sangat populer dan masyarakatnya mengolahnya menjadi berbagai macam olahan makanan atau minuman. Perasan air lemon memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, mencegah kanker, dan berbagai khasiat lainnya.

Selain itu lemon juga terkenal karena memiliki manfaat yang baik bagi kecantikan seperti perejamaan kulit, menurunkan berat badan, menangkal radikal bebas, dan lain sebagainya.

Anda jangan keliru antara lemon dengan jenis jeruk lainnya seperti jeruk nipis, jeruk limau, atau yang lainnya. Jeruk lemon bentuknya lebih besar dari jeruk nipis ataupun limau, dan tentunya memiliki rasa yang khas. Jika sudah tua, jeruk ini mengandung air yang cukup banyak. Orang-orang biasanya memanfaatkan air perasan lemon untuk berbagai macam tujuan.

lemon pohon

Khasiat air lemon untuk kesehatan tubuh

Air lemon dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh yang mengkonsumsinya. Baiknya Anda mengkonsumsi air lemon pada pagi hari, menyeduhnya dengan air hangat. Lebih baik menggunakan air hangat bukan air mendidih agar kandungan vitamin C nya tetap terjaga. Jika Anda tidak tahan dengan rasa asam, Anda dapat menambahkan madu ke dalamnya sehingga rasanya akan semakin bervariasi.

Beberapa manfaat rutin mengkonsumsi perasan air lemon adalah:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Lemon kaya akan antioksidan, bioflavonoid, dan vitamin C yang tentunya baik bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas efek dari polusi udara. Dalam seperempat gelas air lemon mengandung 23,6 mg vitamin C sekitar sepertiga vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi air lemon juga membantu menghindari sariawan di mulut.

Khasiat air lemon untuk menghidrasi  tubuh Anda

khasiat air lemon

Bagi Anda yang tidak suka minum air putih, mengkonsumsi perasan jeruk lemon dapat menjadi salah satu alternatif solusinya. Banyak orang yang mengiris potongan jeruk lemon dan merendamnya dalam beberapa liter air. Orang menyebutnya dengan istilah infused water. Minuman ini dapat menghidrasi tubuh Anda sehingga tidak kekurangan cairan.

Melancarkan pencernaan

Dengan mengkonsumsi banyak cairan ke dalam tubuh, secara otomatis usus akan menjadi lebih mudah menyerap sari makanan dan memperlancar pencernaan. Sedangkan kandungan asam yang ada di dalam lemon akan berfungsi sebagai pencahar dan membantu mencegah sembelit. Dapat dikatakan bahwa lemon juga berkhasiat untuk proses detoksifikasi didalam tubuh membuang racun melalu feses dan sistem pencernaan.

Khasiat Air Lemon Untuk Kecantikan

Kesehatan tubuh dan kecantikan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Apabila Anda sehat dari dalam, tentunya Anda bisa memiliki tubuh dan wajah yang cantik.

Selain mengkonsumsi sebagai minuman, Anda juga dapat mengaplikasikan perasan air lemon pada wajah dan tubuh sebagai masker. Tentunya dengan cara ini ini juga membantu untuk merawat kulit Anda dari luar sehingga kulit menjadi halus dan bercahaya.

khasiat air lemon

Beberapa khasiat lemon untuk kecantikan kulit adalah:

Meminimalisir kerutan pada kulit

Kandungan vitamin dan mineral di dalam buah lemon akan membantu untuk membuat kulit terlihat lebih segar, menjaga kelembaban, dan juga mengurangi kerutan pada kulit Anda. Antioksidan juga sangat membantu untuk meremajakan kulit melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu air lemon juga menghidrasi tubuh dan kulit sehingga terlihat lebih awet muda.

Menurunkan berat badan

Menilik khasiat air lemon yang cukup penting yaitu untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda wanita yang ingin memiliki badan proporsional dapat mengkonsumsi secara rutin perasan jeruk lemon. Kandungan isothiocyanatenya dapat membakar lemak berlebih di dalam tubuh sehingga Anda tidak mengalami berat badan berlebih.

Semua khasiat air lemon tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal harus tetap dibarengi dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, rajin berolahraga secara teratur, cukup tidur, dan tentunya selalu menghindari stres berlebihan yang menimbulkan berbagai penyakit.

By Mita