gadget dan internet


Seperti yang kita ketahui internet adalah media akses yang bebas dan tak ada batasan terhadap pengguna gadget dan internet pada anak. Bahkan semua orang bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Hanya dengan membuka ponsel yang di miliki. Mari kita liat dan kita simak. Orang tua zaman sekarang mayoritas mereka dengan mudahnya memberikan ponsel kepada anaknya. Padahal mereka tidak dapat menghabiskan waktu luang bersama buah hati.

Bahaya gadget pada anak membuat kita salah dalam memberikan anak. Karena maraknya beberapa situs perjudian, pornografi dan banyaknya situs penipuan. Sebagai orang tua sebaiknya jangan terlalu remeh untuk memberikan ponsel dan mengakses internet dengan bebasnya pada anak. Kita yang berperan sebagai orang tua harus bisa membatasi penggunaan ponsel dan internet kepada anak. Karena dalam penggunaan internet ini, anak akan mengalami kecanduan gadget.

Serta penggunaan internet yang menyebabkan anak akan kurang berinteraksi terhadap sesamanya. Karena dengan adanya ponsel dan internet kegiatan belajar anak pun bisa menjadi lebih mengasyikan karena terdapat game-game edukasi yang menarik dan menyenangkan sesuai untuk umur anak anak seusianya.


Berikut Ada Cara Bagi Orang Tua Dalam Membatasi Gadget dan Internet Pada Anak

Memberikan jadwal

Cara membatasi anak untuk bermain gadget yang pertama adalah memberikan waktu atau jadwal. Hal ini agar anak tau kapan jadwal untuk bermain gadget dan kapan harus menyudahi untuk bermain gadget.

Memberikan edukasi

Cara selanjutnya adalah memberitahukan anak tentang apa saja pengaruh negatif saat bermain gadget dan internet berlebihan yang cukup lama terhadap kehidupannya.

Jangan membiarkan anak main sendirian

Anak boleh saja bermain gadget tapi sebaiknya saat memberikan anak gadget sebagai orang tua kita juga harus memantau apa saja yang ia lakukan dengan gadgetnya dengan menggunakan satu ruangan yang sama.

Mengaktifkan kode keamanan

Agar lebih aman sebaiknya orang tua memberi kode keamanan di gadget. Karna anak akan membuka aplikasi atau internet yang berbahaya.


Membuat aktifitas

Cara yang terakhir adalah membuat aktifitas lainya supaya anak tidak selalu tertuju menggunakan gadget. Buat lah aktifitas menarik seperti mengajari anak membuat kue. anak akan terhibur dan lupa pada gadget. Sebagai orang tua tentunya kita harus memberikan teladan yang baik untuk anak. Karena seperti yang kita tahu orang tua adalah cerminan bagi anak.

Lakukan hal yang baik ketika kita di depan anak. Karena anak belum mengetahui mana yang baik dan buruk untuk dirinya sendiri. Seperti yang kita ketahui sebelumnya gadget dan internet memang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan, informasi dan beberapa hal hal baru, akan tetapi itu semua dapat mengakibatkan dampak yang negatif bagi diri sendiri jika kita terlalu berlebihan pada penggunaanya.

By Yen