Floreame.net – Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan. Bawang putih merupakan salah satu bahan yang sering di gunakan untuk memasak. Namun tidak hanya sebagai bahan masakan, bawang putih pun tentunya memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, bawang putih juga memiliki beberapa jenis yang salah satunya adalah bawang putih tunggal.

Bawang putih tunggal memiliki karakteristik yang unik. Berbeda dengan bawang putih yang memiliki beberapa siung. Bawang tunggal hanya memiliki satu siung. Tentunya manfaat dari bawang tunggal pun sedikit berbeda dengan bawang putih biasa. Karena khasiatnya yang di akui lebih ampuh untuk kesehatan di banding bawang putih biasa. Dan pastinya dari segi harga pun bawang putih tunggal sedikit lebih mahal di banding bawang putih biasa.

Berikut ini floreame sudah merangkumkan manfaat dari umbi ajaib ini untuk kesehatan.

1. Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Mengatasi Flu

Tumbuhan umbi satu ini memiliki manfaat untuk mengatasi flu. Hal ini karena bawang putih tunggal memiliki kandungan sulfur yang berbau khas dan kuat. Sulfur di percaya dapat membantu mengatasi penyumbatan hidung saat flu dan membantu mengeluarkan lendir dan dahak.

1. Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Mengatasi Flu

Selain itu, kandungan sulfur yang terdapat pada bawang putih tunggal sangat bermanfaat untuk mempercepat kegiatan membran mucous pada saluran pernafasan. Bawang putih tunggal juga memiliki kandungan phytochemical yang dapat membunuh bakteri dan virus.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Dengan mengkonsumsi bawang putih tunggal secara rutin, kadar kolesterol pada manusia bisa turun hingga 20mg/dl. Selain itu, bawang putih tunggal juga bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida.

Jika kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi, kamu bisa mengkonsumsi 3 sampai 4 bawang di pagi hari sebelum sarapan atau dalam keadaan perut kosong.

3. Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Obat Sakit Gigi

Jika kamu sering mengalami sakit pada gigi, kamu bisa banget menggunakan bawang putih tunggal ini sebagai antiseptik. Bawang putih tunggal bermanfaat untuk membunuh kuman yang menyebabkan sakit gigi dengan sifat antiseptik yang di kandungnya. Hal ini tentunya akan membuat nyeri pada gigi akan segera teratasi.

Cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunyah bawang putih pada gigi yang sakit. Nah, selain memiliki sifat antiseptik, bawang putih tunggal juga memiliki senyawa allicin yang akan menyembuhkan sakit gigi dengan cepat.

3. Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Obat Sakit Gigi

4. Untuk Mengatasi Diabetes

Penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi 2 sampai 3 siung bawang putih tunggal secara teratur dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Hal ini di sebabkan oleh senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih tunggal. Di tambah jika di kombinasikan dengan vitamin B dan thiamine dapat merangsang pankreas untuk mengantarkan insulin ke seluruh tubuh.

5. Meredakan Ambeien

Manfaat bawang putih tunggal lainnya untuk kesehatan adalah dapat mengobati ambeien alias wasir. Bawang putih lanang memiliki kandungan senyawa allicin yang tinggi. Senyawa itulah yang sangat bermanfaat sebagai antioksidan dan juga antibakteri.

Jika kamu memiliki masalah dengan penyakit ambeien, kamu bisa menghaluskan bawang putih tunggal untuk dioleskan pada sekitar anus.

5. Meredakan Ambeien

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bawang putih tunggal dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal penyakit yang di sebabkan oleh virus. Intinya memang bawang putih tunggal sangat bermanfaat sebagai antivirus yang sangat baik untuk tubuh.

Di sarankan untuk kamu rutin mengkonsumsi bawang putih tunggal agar terhindar dari penyakit – penyakit yang berasal dari virus.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam bawang putih tunggal. Tumbuhan jenis umbi yang satu ini memang kecil – kecil cabe rawit ya, karena dapat menjadi penangkal masuknya penyakit kedalam tubuh.***