Floreame.net – Resiko Berkendara Jarak Jauh. Perjalanan memang tidak pernah terpisahkan dari aktifitas manusia. Baru – baru ini Indonesia berduka atas kepergian artis cantik Vanesha Angel dan suaminya secara tiba – tiba akibat kecelakaan tunggal. Saat itu, Vanesha bersama keluarga melakukan perjalanan darat jarak jauh dari jakarta menuju jawa timur.

Kecelakaan yang terjadi di KM 672 Tol Nganjuk yang menewaskan Vanesha Angel dan suaminya ini di sebabkan oleh supirnya yang di duga mengantuk. Tentu saja hal ini sangat berakibat fatal dan sangat mengancam nyawa. Berkendara jarak jauh memang harus di lakukan dalam keadaan fisik yang fit dan prima. Jangan sampai karena kelalaian tersebut mengakibatkan dampak yang besar dan sangat merugikan.

Resiko Berkendara Jarak Jauh

Berikut ini beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum berkendara jarak jauh.

1. Istirahat Yang Cukup

Jika kamu ingin berkendara jarak jauh yang menempuh perjalanan berjam – jam. Pastikan kamu beristirahat dengan cukup agar dapat berkonsentrasi saat mengemudi jarak jauh. Hal ini menjadi faktor yang sangat penting untuk kamu perhatikan mengingat keselamatan penumpang berada pada pengemudinya.

Usahakan untuk mengurangi aktifitas berat sebelum melakukan perjalanan. Selain itu kamu juga harus cukup tidur minimal 7 jam agar terhindar dari rasa ngantuk dan kelelahan.

2. Hindari Resiko Berkendara Jarak Jauh Dengan Mengatur Posisi Duduk

Pastikan juga kamu mengatur posisi duduk yang nyaman saat berkendara jarak jauh. Tentunya hal ini untuk meminimalisir tingkat kelelahan. Posisi duduk saat berkendara memang penting untuk diperhatikan agar berkendara menjadi lebih nyaman.

Posisi duduk yang paling direkomendasikan yaitu dengan posisi duduk tegak 90 derajat. Aturlah posisi yang paling membuatmu nyaman namun tidak membuatmu mudah lelah.

3. Minum Air Putih Yang Cukup

Saat ingin berkendara jarak jauh, pastikan kamu menyiapkan air putih yang cukup selama perjalanan. Kamu akan lebih bisa konsentrasi saat mengemudi jika tubuhmu terhidrasi dengan meminum air putih yang cukup.

Sebaiknya untuk kamu menghindari minuman berkafein seperti kopi, soda, dan teh. Hindari juga minuman kemasan yang mengandung tinggi gula, apalagi yang terparah adalah minuman beralkohol. Intinya jika kamu ingin berkendara jarak jauh, air putih adalah minuman wajib yang harus kamu minum selama perjalanan.

3. Minum Air Putih Yang Cukup

4. Hindari Karbohidrat Tinggi

Selain air putih, asupan makanan juga tentunya sangat penting untuk diperhatikan sebelum berkendara jarah jauh. Kamu cukup menyiapkan cemilan seperti buah, sayuran, atau jus untuk mengisi kekosongan perut sementara.

Hindari makanan yanag mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, pasta, sereal, dan roti. Karena hal ini biasanya akan membuatmu begah dan mudah mengantuk.

5. Jangan Tergesa – gesa

Kamu bisa melakukan perjalanan di luar jam – jam kemacetan. Hal ini tentunya akan membuat kamu terhindar dari stres dan tergesa – gesa saat mengemudi. Mengemudi jarak jauh yang membutuhkan waktu berjam – jam harus di lakukan dalam keadaan yang menyenangkan.

Untuk menghindari rasa bosan saat mengemudi jarak jauh, kamu juga bisa sambil mendengarkan musik favorit.

Hindari Resiko Berkendara Jarak Jauh Dengan Mengatur Posisi Duduk

6. Hindari Resiko Berkendara Jarak Jauh Dengan Melakukan Peregangan

Saat berkendara jarak jauh yang membutuhkan waktu berjam – jam. Sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk melakukan peregangan otot – otot terutama pada bagian kaki. Hal ini di lakukan untuk menghindari Deep Vein Thrombosis berupa penggumpalan darah pada kaki yang di akibatkan karena terlalu lama duduk.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum berkendara jarak jauh. Mengutamakan aspek keselamatan memang hal yang terpenting karena menyangkut nyawa pengemudi, penumpang, atau bahkan pengendara lain. Oleh sebab itu, sebaiknya siapkan fisik yang prima sebelum berkendara jarak jauh dan jangan memaksa berkendara jika badan di rasa tidak fit atau bahkan mengantuk.***