Site icon Floreame

5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Banyak Kegunaannya!

manfaat cuka sari apel

Cuka apel adalah obat rumahan yang populer. Sejak dahulu sudah selama berabad-abad masyarakat percaya sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Cuka sari apel memiliki berbagai khasiat menyehatkan, apalagi memiliki efek antimikroba serta antioksidan. Terlebih lagi, hal ini terbukti dalam sejumlah penelitian yang mengatakan cuka apel dapat bermanfaat untuk berat badan, mengurangi kolesterol, hingga menurunkan kadar gula darah. Dilansir dari Healthline, berikut manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh.

1. Tinggi zat yang baik untuk tubuh

Cuka sari apel organik tanpa filter juga protein, enzim, dan bakteri baik yang membuat produk tampak keruh, namun memberikan berbagai manfaat yang baik. Kandungan ini bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatannya, meskipun saat ini belum ada penelitian lebih lanjut yang mendukung hal tersebut. Meskipun cuka sari apel tidak mengandung banyak vitamin atau mineral, ia menawarkan sedikit kalium.

2. Manfaat cuka apel untuk kesehatan dapat membantu membunuh bakteri berbahaya

Cuka dapat membantu membunuh patogen, termasuk bakteri.  Sejak dahulu, orang-orang menggunakan cuka untuk membersihkan dan mendesinfeksi, mengatasi kutu, kutil, mengobati jamur kuku, hingga infeksi telinga. Hippocrates yang merupakan bapak pengobatan modern, menggunakan cuka untuk membersihkan luka sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Cuka juga merupakan pengawet makanan, dan penelitian menunjukkan bahwa cuka menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli.

3. Manfaat cuka apel untuk kesehatan dapat membantu menurunkan kadar gula darah

Sampai saat ini, salah satu aplikasi cuka yang paling meyakinkan adalah membantu mengobati diabetes tipe 2. Penyakit ini sendiri salah satu cirinya adalah kadar gula darah tinggi. Hal ini karena resistensi insulin atau ketidakmampuan memproduksi insulin.

Namun, kamu yang tidak memiliki penyakit tersebut juga dapat menggunakannya karena akan membantu mengontrol gula darah. Beberapa peneliti percaya bahwa kadar gula darah yang tinggi adalah penyebab utama penuaan dan berbagai penyakit kronis.

Cara paling efektif dan tersehat untuk mengatur kadar gula darah adalah dengan menghindari karbohidrat dan gula rafinasi, dan menggunakan cuka sari apel.

BACA JUGA: Khasiat Air Lemon Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

4. Dapat membantu menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa cuka dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa cuka dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama. dengan begitu, kalori yang masuk pun dapat lebih terkontrol. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi cuka bersama dengan makanan tinggi karbohidrat menyebabkan rasa kenyang menjadi lebih lama.

 5. Dapat meningkatkan kesehatan kulit

Cuka sari apel adalah obat umum yang banyak orang gunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti kulit kering dan eksim. Kulit secara alami memang sedikit asam. Menggunakan cuka sari apel topikal dapat membantu menyeimbangkan kembali pH alami kulit, dan meningkatkan pelindung kulit.

Mengingat sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya, cuka sari apel, secara teori, dapat membantu mencegah infeksi kulit yang terkait dengan eksim dan kondisi kulit lainnya.

Beberapa orang menggunakan cuka sari apel yang diencerkan sebagai pencuci muka atau toner. Idenya adalah dapat membunuh bakteri dan mencegah bintik-bintik. Namun untuk mencoba hal ini ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika kulit kamu cenderung sensitif. Sejauh ini belum ada penelitian lebih lanjut yang mengklaim jika manfaat cuka apel untuk  kesehatan kulit memang benar adanya.

BACA JUGA: 5 Makanan yang Baik untuk Kulit, Bikin Kulit Sehat

Exit mobile version