makanan yang baik untuk kulit

Makanan sehat dengan sejumlah nutrisi bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga kulit. Penting untuk merawat kulit bukan hanya dari luar tapi juga dari dalam. Salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi. Lantas makanan yang baik untuk kulit itu apa saja sih? Simak ulasan berikut ini.

1. Ikan berlemak

makanan yang baik untuk kulit

Ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, dan herring, merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.  Kandungan Omega 3 di dalamnya inilah yang menjadi alasan mengapa ikan berlemak baik untuk kulit.

Asam lemak omega-3 sendiri diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap kenyal, dan lembab. Lemak omega-3 pada ikan juga membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kemerahan dan jerawat.  Jenis ikan ini juga kaya akan sumber vitamin E, yang merupakan salah satu antioksidan terpenting untuk kulit. Vitamin ini membantu melindungi kulit Kamu dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan

2. Alpukat

alpukat makanan penurun berat badan

Alpukat kaya akan lemak sehat. Kandungan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tak terkecuali kulit. Alpukat sendiri memiliki kemampuan untuk menjaga kelembaban dan fleksibilitas kulit.

Bukti awal juga menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan UV pada kulit Kamu dapat menyebabkan keriput. Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit Kamu dari kerusakan oksidatif.

3. Makanan yang baik untuk kulit: kenari

kenari

Makanan yang baik untuk kulit selanjutnya adalah kenari. Jenis kacang yang satu ini memiliki kandungan lemak esensial yang baik untuk tubuh. selain itu, kacang kenari juga memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang baik untuk kulit.

Terlebih lagi, kenari mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan kulit Kamu agar berfungsi dengan baik dan tetap sehat. Satu ons (28 gram) kenari mengandung 8% dari DV untuk seng.

Seng sangat penting bagi kulit kulit karena berfungsi dengan baik sebagai pelindung. Ini juga memiliki manfaat untuk penyembuhan luka dan memerangi bakteri dan peradangan. Kacang kenari juga  memiliki kandungan antioksidan,  vitamin E serta selenium.

BACA JUGA: Khasiat Air Lemon Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

4. Biji bunga matahari

biji bunga matahari

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber nutrisi peningkat kulit yang baik. Biji bunga matahari adalah salah satunya

Satu ons (28 gram) biji bunga matahari mengandung 49% DV untuk vitamin E, 41% DV untuk selenium, 14% DV untuk seng, dan 5,5 gram protein. kandungan tersebut memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan kulit, lho.

5. Makanan yang baik untuk kulit: ubi

makanan yang baik untuk kulit

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam ubi adalah betakaroten, dimana  Berfungsi sebagai provitamin A, yang artinya dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar adalah sumber makanan yang sangat baik termasuk untuk menjaga kesehatan kulit. Ubi sendiri memiliki kemampuan untuk membantu menjaga kesehatan kulit dengan bertindak sebagai tabir surya alami.

Saat dikonsumsi, antioksidan ini akan masuk ke dalam kulit dan membantu melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar matahari. Ini dapat membantu mencegah sengatan matahari langsung, mencegah timbulnya sel kulit mati, kulit kering serta  keriput.

BACA JUGA: 5 Tips Perawatan Kulit Sensitif, Gak Bikin Iritasi

By Intan