Floreame.net – Manfaat Penting Daun Sirih Untuk Kesehatan. Mungkin di antara kamu sudah pernah ada yang melihat orang tua mengunyah daun sirih. Lalu sebenarnya apa sih tujuan orang tua yang mengunyah daun sirih?

Daun sirih menjadi tanaman yang mudah di dapatkan terutama di Indonesia. Selain warnanya yang hijau, daun sirih juga memiliki jenis yang lainnya yaitu daun sirih merah.

Tanaman satu ini biasanya tumbuh hingga puluhan meter. Memiliki batang berkayu, dengan kuku dan beralur. Daun sirih cenderung berbentuk bulat panjang dengan pangkal yang mirip jantung dan ujungnya yang meruncing.

Manfaat Penting Daun Sirih

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan :

1. Membantu Menurunkan Gula Darah

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Terutama untuk orang yang baru terdiagnosa diabetes tipe 2. Selain itu, daun sirih juga dapat melindungi kesehatan hati.

Daun sirih memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel tubuh pemicu ketidak seimbangan hormon insulin.

Namun pastikan bahwa penggunaan daun sirih hanya sebagai pengobatan pendamping medis. Intinya penderita diabetes harus tetap melakukan pengobatan medis untuk mendapatkan obat dan penanganan yanag tepat.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk menurunkan kolesterol tinggi. Hal ini secara bersamaan juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Sejumlah studi menemukan bahwa khasiat daun sirih juga dapat membantu menurunkan level kolesterol total, trigiserida, dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

3. Penyembuhan Luka Bakar

Kamu bisa memanfaatkan daun sirih untuk mempercepat penyembuhan luka bakar. Hal ini di karenakan daun sirih yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Cara pengobatannya juga terbilang cukup mudah, kamu bisa meminum air rebusannya secara rutin, dan sisa air rebusannya bisa di tempelkan pada luka bakar jika memungkinkan.

Manfaat Penting Daun Sirih untuk luka bakar

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Daun sirih bisa menjadi antiseptik yang baik dan mampu untuk memberi perlindungan ganda dari infeksi kuman. Hal ini tentunya karena daun sirih memiliki kandungan polifenol yang tinggi.

Mengunyah daun sirih, atau sekedar berkumur dengan air rebusan saun sirih dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang di hasilkan oleh bakteri.

5. Melancarkan Saluran Pencernaan

Daun sirih sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna untuk bisa bekerja lebih baik lagi saat membuang kotoran.

Dengan mengunyah daun sirih dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat mengikat dan melembutkan makanan. Sehingga kamau dapat menelan dan mengirimkan makanan menuju saluran cerna dengan lebih lancar.

Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk merangsang usus untuk bisa menyerap nutrisi dan mineral penting yang ada dalam tubuh.

6. Mengobati Mimisan

Manfaat lainnya yang terbilang umum dari daun sirih adalah dapat membantu menyembuhkan mimisan. Mungkin sebelumnya kamu juga sudah pernah mendengar tentang manfaat ini.

mimisan

Nyatanya, Antioksidan tannin dalam daun sirih memang terbukti ampuh untuk bisa mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka. Selain itu daun sirih juga bermanfaat untuk membekukan darah lebih cepat, sekaligus menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

Nah itulah beberapa manfaat penting daun sirih untuk kesehatan. Kamu bisa mempraktekkan langsung di rumah dengan rutin mengunyah sirih atau sekedar meminum air rebusannya. Yang pasti manfaat dari daun sirih ini di jamin aman karena termasuk pengobatan herbal dan alami.***