Floreame.net – Perbedaan Sunscreen dan Sunblock. Menjaga kesehatan kulit menjadi suatu hal yang tidak boleh di tinggalkan. Terlebih jika kita sering melakukan aktifitas di luar ruangan. Hal ini di karenakan sinar matahari mengandung UV yang tentunya membahayakan kulit dan mengakibatkan kulit menjadi seperti terbakar.

Untuk menyiasatinya, kita perlu menggunakan tabir surya saat melakukan aktifitas terutama di luar ruangan. Sehingga dapat menjaga kulit dari bahaya sinar UV.

Apa itu Tabir Surya?

Berbicara mengenai tabir surya. Untuk kamu ketahui, tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang di rancang khusus untuk melindungi kulit dari sinar UV. Tabir surya bisa di gunakan untuk seluruh tubuh, hanya saja jika ingin di gunakan untuk wajah, sebaiknya gunakanlah tabir surya yang di rancang khusus untuk kulit wajah.

tabir surya

Selain itu, tabir surya juga dapat membantu kamu mengurangi resiko terkena penyakit kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini. Tabir surya sendiri memiliki bahan aktif yang dapat menyerap sinar UV sehingga paparan radiasi sinar matahari tidak menembus lapisan kulit terdalam.

Namun tabir surya tidak bisa bekerja seharian full. Untuk itu kamu perlu mengulangi penggunaannya minimal 3 jam sekali saat sedang berada di luar ruangan.

Seiring berjalannya waktu, tabir surya memiliki banyak variannya. Terutama yang sangat populer dan sering di gunakan oleh banyak orang adalah Sunscreen dan Sunblock. Sekilas kedua tabir surya ini terlihat sama, namun sebenarnya terdapat perbedaan signifikan di antara kedua varian tabir surya ini.

Berikut adalah perbedaan Sunscreen dan Sunblock yang harus kamu ketahui.

perbedaan sunscreen dengan sunblock

Perbedaan Sunscreen dengan Sunblock

Sebenarnya kedua varian tabir surya ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Hanya saja mekanisme bekerjanya dari kedua varian ini yang berbeda.

1. Cara Kerja

Sunblock merupakan tabir surya yang bisa memantulkan sinar matahari dari kulit. Hal ini di karenakan kandungan titanium dioksida yang terdapat di dalamnya.

Sehingga Sunblock di nilai sangat efektif untuk menlindungi kulit dari UVA dan UVB. Sedangkan Sunscreen merupakan lotion tabir surya yang menyerap kedalam kulit bahkan sebelum sinar UV mencapai ke lapisan kulit terdalam.

Hanya saja Sunscreen memiliki fungsi yang lebih sempit yaitu hanya mampu melindungi kulit dari sinar UVB saja.

2. Tekstur dan Kandungan Sunscreen

  • Sunscreen memiliki kandungan oxybenzone yang bermanfaat untuk menyerap sinar matahari. Hanya saja terkadang bahan ini dapat menyebabkan alergi untuk beberapa jenis kulit yang sensitif.
  • Selain itu, Sunscreen memiliki tekstur yang lebih tipis dan hampir tidak terlihat saat di aplikasikan di kulit. Hal ini jugalah yang menjadi alasan kenapa orang lebih memilih tabir surya yag satu ini.
tekstur dan kandungan sunscreen dan sunblock

3. Tekstur dan Kandungan Sunblock

  • Untuk tabir surya yang satu ini memiliki kandungan titanium oksida yang sekaligus mengahasilkan tekstur yang lebih tebal dan warna yang lebih pekat.
  • Selain itu, banyak pengguna yang merasa kesulitan untuk meratakan lotionnya pada permukaan kulit.

4. Hal yang perlu di perhatikan saat memilih tabir surya

  • Lakukan pemeriksaan sebelum membeli. Sebaiknya hindari produk yang mengandung pewangi dan juga minyak.
  • Kenali kandungan Broad Sprectrum dalam tabir surya yang bermakna dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet UVA dan UVB.
  • Pahami juga tentang Sun Protector Factor (SPF) yang benjadi penentu berapa lama produk tabir surya tersebut mampu untuk melindungi kulit.

Itulah beberapa pengertian dan perbedaan mengenai tabir surya Sunscreen dan juga Sunblock. Pastikan kamu bisa menentukan tabir surya mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.***