Floreame.net – Tips Menabung Yang Benar. Sifat boros yang sudah mendarah daging dalam diri kita sepertinya sangat susah untuk disingkirkan. Terlebih jika banyak barang diskon yang lewat di depan mata kita. Namun jika nafsu belanja selalu dituruti, maka akan berakibat fatal untuk kita dimasa depan.

Bagaimana mengendalikannya? Kamu yang memiliki sifat boros dan tidak bisa menabung memang harus mulai belajar mengatur keuangan. Kamu harus punya tabungan untuk masa depan, terutama untuk masa darurat.

Tips Menabung Yang Benar

Tapi bagaimana jika kamu sudah pernah berusaha menabung namun selalu gagal. Nyatanya uang yang sebelumnya sudah di niatkan untuk menabung tidak pernah terkumpul.

Nah, di sini kamu akan tahu bagaimana tips menabung dengan benar agar uang cepat terkumpul dan tidak mudah berkurang akibat nafsu belanja. Simak tips di bawah ini.

Komitmen Untuk Menabung

Yang pertama harus kamu ingat adalah komitmen kamu untuk menabung. Tips sukses menabung adalah mendisiplinkan diri untuk tidak mudah mengeluarkan uang. Kamu harus bisa memilah antara sesuatu yang penting dengan sesuatu yang hanya kamu inginkan.

Selain itu kamu juga harus memprioritaskan kebutuhan wajib yang harus di keluarkan setiap bulan seperti makan, dan cicilan – cicilan.

Selanjutnya sisihkan 70% dari sisa pengeluaran itu untuk ditabung. Kemudian sisa nya baru bisa di gunakan untuk self reward.

Hitung Pengeluaran Wajib Bulanan

Seperti yang sudah di jelaskan di atas. Kamu harus bisa menghitung pengeluaran wajib bulanan seperti makan dan cicilan – cicilan yang ada. Hal itu di lakukan agar kamu tahu berapa sisa uang yang sudah tidak di gunakan untuk bisa di tabung.

Kamu bisa menulisnya di kertas dan ditempel di kamar agar kamu selalu ingat berapa pengeluaran wajib yang harus kamu keluarkan setiap bulan.

Buatlah Target

Tulislah target menabung kamu. Apa saja yang ingin kamu capai dari hasil menabung. Biasanya itu akan memberikan semangat tersendiri untuk kamu fokus pada tujuan.

Buatlah Target

Saat kamu ingin menggunakan uang tabungan untuk hal yang tidak penting, ingatlah akan target – target yang ingin kamu capai.

Jangan Mudah Terpengaruh

Jangan mudah terpengaruh dengan kondisi di sekeliling. Saat kamu ingin fokus menabung biasanya banyak godaan yang akan mengganggu fokusmu. Seperti diskon belanja, teman yang ngajak jajan, atau gadget keluaran terbaru yang ingin kamu miliki.

Usahakan untuk bisa mengendalikan diri. Kamu juga bisa menguninstall aplikasi belanja online yang ada di ponselmu agar tidak tergoda untuk membukanya dan melihat diskon yang ada.

Gunakan saja barang – barang yang sudah ada dan masih bisa di gunakan. Jangan tergoda untuk membeli sesuatu yang sedang tren.

Tips Menabung Yang Benar Dengan Celengan

Kamu bisa mulai menabung menggunakan celengan. Ini adalah cara termudah untuk menabung. Kamu bisa membeli celengan dengan model yang kamu suka. Dengan celengan kamu bisa menabung dengan jenis pecahan uang apapun.

Selain itu kamu juga bisa menuliskan target yang ingin kamu tuju dan menempelkannya di celengan. Hal ini akan membuatmu lebih bersemangat saat memasukkan uang kedalam celengan.

Tips Menabung Yang Benar Dengan Celengan

Tips Menabung Yang Benar Dengan Menabung Di Bank

Jika kamu tidak ingin menabung di celengan. Cara modern yang bisa kamu lakukan adalah melalui bank. Kamu bisa menyimpan uangmu dengan potongan admin dari bank tiap bulannya. Namun uang yang kamu tabung akan aman dan tidak hilang.

Tips Menabung Yang Benar Dengan Menabung Emas Atau Investasi

Emas dan Investasi merupakan cara menabung yang bisa menghasilkan. Ini adalah cara terbaik untuk bisa menabung. Kamu bisa mulai membeli emas atau belajar investasi dasar terlebih dahulu seperti Reksadana. Namun selain itu kamu juga harus belajar tentang resiko investasi.

Itulah beberapa tips agar kamu bisa menabung dengan benar. Sehingga uang bisa mudah terkumpul dan tidak di gunakan. Intinya, jika kamu benar – benar ingin menabung. Kamu harus menanamkan sifat disiplin dalam diri dan jangan terlalu mudah mengikuti tren.