Floreame.net – 10 Jenis Keju Terpopuler. Ngomongin bahan tambahan makanan, siapa sih di sini yang gak tahu dengan keju. Produk yang terbuat dari bahan baku susu ini pastinya selalu menggugah selera dengan apapun menu makanannya.

Namun tahukah kamu, sebenarnya sangat banyak jenis keju di dunia ini yang mungkin belum kamu ketahui. Keju memang banyak sekali jenisnya di dunia ini. Atau jika kamu hanya tahu keju tanpa mengetahui beragam jenisnya.

Tenang aja, gak usah insecure dulu. Hehehe, di sini kita akan belajar untuk mengetahui beberapa jenis keju yang populer dan mudah di temukan di sekitar kita. Floreame tentunya udah rangkumin semua khusus untuk kamu. 10 Jenis Keju Terpopuler yang harus kamu tahu.

1. Jenis Keju Terpopuler “Keju Cheddar”

Pastinya kamu sudah familiar kan dengan sebutan keju cheddar. Keju ini ternyata berasal dari Inggris lho. Nama Cheddar di ambil dari desa tempat keju ini di produksi yaitu desa Cheddar di Somerset.

1. Jenis Keju Terpopuler "Keju Cheddar"

Keju ini juga termasuk keju yang cukup laris di Indonesia. Selain itu, keju Cheddar juga di kategorikan dalam keju keras. Usia keju Cheddar juga sangat bervariasi. Kamu bisa mudah membedakan dengan melihat warnanya saja.

Biasanya, keju yang masih muda memiliki warna putih gading dengan tekstur yang sekit lunak. Sedangkan keju yang sudah lama memiliki warna yang lebih pekat dengan tekstur yang juga lebih keras. Keju Cheddar biasa di gunakan untuk bahan dasar membuat kue atau makanan.

2. Keju Mozarella

Nah, kalau yang satu ini juga termasuk keju yang banyak menjadi pilihan orang Indonesia. Keju ini berasal dari negara Italia dan memiliki tekstur yang lembut dan lunak.

2. Keju Mozarella

Waktu yang tepat untuk bisa menikmati keju mozarella ini adalah saat hidangan masih dalam keadaan hangat. Karena keju ini memiliki sifat meleleh saat dipanaskan.

3. Jenis Keju Terpopuler “Cream Cheese”

3. Jenis Keju Terpopuler "Cream Cheese"

Sedikit berbeda dengan keju pada umumnya yang memiliki tekstur keras. Cream Cheese ini adalah keju yang memiliki tekstur lunak seperti butter.

Hal itu di karenakan Cream Cheese tidak melalui proses fermentasi yang membuat kebanyakan keju bertekstur keras.

4. Keju Parmesan

Keju yang cukup populer juga di Indonesia adalah parmesan. Parmesan berasal dari negara Italia dan terbuat dari susu sapi. Selain itu juga proses pembuatannya yang membutuhkan waktu 3 sampai 12 bulan.

4. Keju Parmesan

Sebenarnya keju ini di kategorikan sebagai keju keras, namun sekarang banyak juga yang menjual parmesan versi bubuk untuk di jadikan keju tabur.

5. Jenis Keju Terpopuler “Keju Edam”

Mungkin kamu tidak terlalu populer mendengar namanya. Keju Edam ini sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan keju Cheddar. Nama Edam di ambil dari daerah asalnya di Edam, Belanda.

5. Jenis Keju Terpopuler "Keju Edam"

Keju ini memiliki bentuk khas yang bulat. Keju ini juga bisa di konsumsi untuk membantu penurunan berat badan lho. Jika kamu sedang melakukan diet, bisa banget konsumsi keju Edam ini.

6. Keju Stilton

Nah kalau keju stilton ini merupakan keju yang proses pembuatannya menggunakan bakteri untuk membantu proses pembuatan keju. Keju ini berasal dari Inggris, memiliki corak kebiruan yanag di bentuk dari proses pasteurisasi dengan penambahan bakteri.

Keju ini memiliki tekstur yanag padat dan berkerut dengan kulit yang tebal. Selain itu, dipermukaannya terdapat lubang – lubang kecil yang di hasilkan dari penusukan jarum untuk mengeluarkan udara.

7. Keju Emmental

Emmertal memiliki bentuk yang berlubang dan berasal dari Swiss. Pembuatan keju ini juga di lakukan dengan menambahkan bakteri untuk proses fermentasinya.

Keju Emmental

Lubang – lubang yang terdapat pada keju ini juga di hasilkan dari gas karbondioksida dari campuran bakteri. Selain itu, lubang – lubang yang terdapat pada keju emmental ini juga bisa menunjukan tingkat kematangannya. Semakin besar lubang, itu artinya kejunya semakin matang.

8. Keju Camembert

Perancis juga menjadi negara yang menghasilkan keju terbaik lho. Salah satunya adalah Keju Camembert ini. Bahkan keju ini juga mendapat sertifikasi untuk proses pembuatannya yang hanya bisa di lakukan di daerah Normandy.

Keju Camembert

Keju ini memiliki tekstur yang lembut dan cukup lunak. Selain itu, sama seperti mozarela, keju ini juga cepat meleleh jika terkena panas.

9. Jenis Keju Terpopuler “Keju Chevre”

Selain Camembert, Perancis juga memproduksi keju Chevre. Namun yang membedakan adalah, keju ini terbuat dari susu kambing.

Namun keju ini juga memiliki rasa yang sedikit asam, itu di karenakan proses fermentasi susu kambing yang di lakukan dalam waktu yang lama. Keju Chevre juga memiliki tekstur yang lembab dan lunak.

10. Keju Gouda

Pembuatan keju Gouda ini di awali dari pemanasan susu sapi hingga menghasilkan dadih yang terpisah. Keju ini berasal dari negara Belanda. Gouda memiliki rasa yang manis, di hasilkan dari kandungan asam laktat yang sudah hilang.

Keju Gouda

Bahkan proses penyimpanan keju ini juga di lakukan dengan air garam untuk menghasilkan rasa yang khas. Proses fermentasi keju Gouda ini bervariasi mulai dari 4 minggu hingga 1 tahun.***