mobil bekas dan mobil baru

Ketika tiba waktunya untuk membeli mobil, kamu memiliki berbagai pilihan bukan? dari model hingga fiture dan berbagai hal lainnya. kamu tidak hanya perlu memilih merek dan model mobil, kamu juga perlu memutuskan apakah ingin membeli mobil baru atau bekas. Ini adalah keputusan penting dan dapat membuat perbedaan besar dalam keuangan selama beberapa tahun ke depan, lho. Bagi kamu yang masih bingung mau beli mobil yang mana, yuk simak keunggulan dan kekurangan kedua mobil tersebut.

Keunggulan Mobil Baru

Keuntungan membeli mobil baru adalah kamu membeli mobil yang umumnya bergaransi. Sebagian besar mobil baru akan mengalami sedikit perbaikan dalam beberapa tahun pertama, jadi kamu hanya perlu fokus pada perawatan mobil. Dealer juga dapat menawarkan pembiayaan dengan tingkat bunga yang lebih rendah, yang dapat mengurangi jumlah bunga yang perlu kamu bayarkan selama masa pinjaman. Ini adalah keuntungan paling mendasar.

Keunggulan lainnya adalah mobil-mobil baru juga memiliki teknologi terkini, yang berarti kamu dapat menemukan mobil dengan jarak tempuh bahan bakar yang lebih baik dan emisi yang lebih rendah. Kamu mungkin bisa membeli hibrida dan mengurangi jumlah yang kamu keluarkan untuk transportasi setiap bulan.

Kekurangan Mobil Baru

mobil baru

Kerugian terbesar dari membeli mobil baru adalah kamu kehilangan uang cukup banyak setelah membelinya. Mobil baru mengalami depresiasi terbesar dalam dua atau tiga tahun pertama. Ini berarti bahwa pada dasarnya kamu membuang banyak uang dalam jumlah banyak untuk mobil tersebut dalam jangka waktu singkat. Secara finansial, sangat tidak masuk akal untuk membeli mobil baru kecuali jika kamu punya uang, dan tidak masalah dengan kerugian tersebut.

Kerugian lainnya adalah jika kamu membeli mobil dengan model teranyar. Mungkin ada tahun ketika mereka mengganti mesin atau mengubah desain dan model dan tahun tersebut cenderung memiliki lebih banyak masalah. Jika kamu membeli bekas, kamu dapat menghindari permasalahan tersebut.

BACA JUGA: Seberapa Ramah Lingkungan-kah Mobil Listrik?

Keunggulan Mobil Bekas

mobil bekas

Keuntungan terbesar dari membeli mobil bekas adalah orang lain yang menanggung depresiasi terbesar pada mobil tersebut. Kamu mungkin bisa menjual mobil dengan harga yang hampir sama dengan yang kamu bayarkan untuk beberapa tahun mendatang. Kamu masih dapat menemukan opsi pembiayaan yang baik melalui bank lokal atau credit, apalagi kamu juga tidak kehilangan uang karena depresiasi.

Saat kamu membeli mobil bekas, lebih mudah menabung dan membayar tunai. Kamu juga dapat meninjau Laporan Konsumen dan memilih model yang dengan kinerja baik.

Keuntungan lainnya adalah tergantung pada modelnya, tarif asuransi mungkin lebih rendah pada mobil bekas dibandingkan dengan yang baru. Ini adalah penghematan yang sangat signifikan. Mobil bekas juga tak selamanya bobrok selama kamu pintar memilihnya.

Kekurangan Mobil Bekas

mobil bekas

Kerugian terbesar dari membeli mobil bekas adalah mungkin mobil ini tidak dapat kamu andalkan. Atau kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya perbaikan. Seiring dengan kemajuan teknologi, mobil menjadi lebih andal dan banyak model tidak memerlukan perbaikan sampai jaraknya lebih dari 100.000 km. Ini berarti kamu dapat membeli mobil yang berusia tiga tahun dan menjualnya dalam lima tahun. Kamu juga mungkin tidak perlu melakukan perbaikan apa pun. Plus, kamu dapat menjualnya dengan harga yang sangat dekat dengan harga beli. Kamu mungkin ingin menyisihkan sedikit uang setiap bulan untuk membayar perbaikan mobil yang akan datang.

Kerugian lain dari membeli bekas adalah kamu mungkin harus berkompromi dengan warna mobil untuk mendapatkan mobil dengan sejarah dan jarak tempuh yang lebih baik. Mobil bekas tentu memiliki warna yang tak sebaik mobil baru. Saat membeli mobil bekas, kamu harus lebih fleksibel dan lebih sabar saat berburu mobil. Kamu juga dapat memperluas pencarian dan mencari harga terbaik untuk mobil impianmu.

BACA JUGA: Mobil Listrik Terbaik untuk Dibeli Tahun 2022

By Intan