Floreame.net – Kesalahan Umum Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Menjadi orang tua, terkadang tidak menutup kemungkinan kamu akan melakukan kesalahan. Banyak orang tua yang merasa dirinya sudah benar dan menganggap sudah melakukan yang terbaik untuk sang anak. Namun pada kenyataannya orang tua secara tidak sadar justru sering melakukan kesalahan yang bisa berakibat fatal pada psikologis anak.

Mengasuh anak merupakan peroses belajar seumur hidup yang seharusnya di sadari oleh para orang tua. Tentunya proses ini akan memberikan pengalaman baik suka maupun duka. Sebaiknya orang tua harus mengenal dirinya terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa mengenal sang anak.

Kesalahan Umum Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Orang tua yang lebih mengenal dirinya akan dengan mudah mengenal anaknya, pun dengan orang tua yang bahagia akan lebih mudah membuat sang anak bahagia. Faktor psikologis tentunya sangat berpengaruh untuk perkembangan emosional sang anak. Jadi sebaiknya para orang tua harus bisa mendidik anak dengan mengedepankan kesehatan psikologis anak.

Berikut ini adalah beberapa keselahan umum yang sering di lakukan oleh orang tua dalam mendidik anak.

1. Membandingkan Anak

Hal yang sering terjadi pada orang tua saat mendidik anak adalah dengan membandingkan anak dengan anak lainnya. Orang tua cenderung menginginkan anak untuk menyontoh orang – orang sekitar yang terlihat lebih baik.

Kesalahan Umum Orang Tua Membandingkan Anak

Pada kenyataannya, hal ini justru memberikan dampak negatif untuk anak dan merasa anak tidak berguna karena selalu di banding – bandingkan.

2. Sering Mengatur

Biasanya para orang tua hanya suka mengatur apapun aktifitas yang di lakukan anak tanpa memikirkan apa yang di sukai atau tidak di sukai oleh sang anak. Orang tua yang tidak pernah memberikan pilihan untuk anak justru akan membuat anak merasa terkekang.

Hal ini jika berlanjut akan membuat anak tidak bisa berkespresi dan cenderung tidak percaya diri saat di lingkungan luar. Sebaiknya kamu sebagai orang tua bisa memberikan pilihan untuk anak dan menghargai apapun keputusan yang di buat oleh sang anak.

3. Menegur dengan Kasar dan Berlebihan

Setiap anak pasti pernah melakukan kesalahan. Baik itu kesalahan kecil maupun kesalahan besar. Namun sebagai orang tua, sebaiknya kamu tidak menegurnya secara berlebihan. Apalagi jika itu di lakukan di depan umum.

Kesalahan Umum Orang Tua menegur dengan Kasar dan Berlebihan

Hindari juga menegur dengan kasar hingga mengeluarkan kata – kata yang bisa menyakiti anak. Tentunya anak akan merasa malu dan bahkan bisa membuatnya kepikiran hingga berakhir depresi.

4. Meletakkan Harapan yang Berlebihan

Orang tua sering melakukan kesalahan dalam mendidik anak, salah satunya adalah dengan menancapkan ekspetasi yang terlalu tinggi dan tidak realistis untuk anak. Tidak semua anak bisa memenuhi keinginan yang sesuai dengan ekspetasi orang tua.

Karenanya, banyak anak yang merasa cemas dan khawatir setiap harinya karena takut tidak bisa memenuhi harapan orang tua. Bahkan sebagian anak lainnya bisa melakukan protes secara tidak langsung dengan melakukan hal – hal yang sama sekali tidak di sukai oleh orang tua.

5. Tidak Menghargai Perasaan Anak

Anak akan merasa di hargai jika orang tua bisa mendengarkan pendapat dan menghargai setiap keputusan yang di buat oleh sang anak. Sebagai orang tua, sebaiknya kamu bisa lebih meluangkan waktu dan mendengarkan dengan baik apa yang menjadi keinginan sang anak.

Tidak Menghargai Perasaan Anak

6. Memberikan Contoh yang Buruk

Orang tua merupakan cermin bagi seorang anak. Tugas terpenting yang harus di lakukan oleh orang tua adalah menjadi teladan yang baik. Hal ini tentunya bertujuan agar anak bisa menirukan contoh yang baik.

Sebagai contoh, jika orang tua memiliki kebiasaan marah yang meledak – ledak, berbohong, atau terbiasa menyalahkan orang lain. Maka secara tidak langsung anak akan meniru apa yang sering di lakukan oleh orang tua.

6. Memberikan Contoh yang Buruk

Oleh karena itu, sebaiknya kamu bisa lebih mengendalikan diri dan berusaha untuk tidak menunjukkan kebiasaan negatif di hadapan sang anak.

7. Tidak Membanggakan Prestasi yang Diraih Anak

Pastikan kamu sebagai orang tua memberikan pujian kepada anak untuk prestasi yang sudah di raihnya. Akan lebih baik jika orang tua menunjukkan rasa bangga bahkan reward untuk sang anak.

Hal ini tentunya akan membuat anak merasa di hargai dan lebih bersemangat untuk meraih keberhasilan yang lebih baik lagi.

Nah itulah beberapa kesalahan umum orang tua dalam mendidik anak. Sebagai orang tua, sebaiknya kamu harus bisa lebih menyadari apa yang menjadi kebahagiaan anak dengan tetap mengutamakan kesehatan psikologisnya.***