Floreame.net – Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Luka Bakar. Musibah biasanya datang tanpa di duga – duga. Selain itu bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Seperti cedera luka bakar, siapapun pasti tidak ingin mengalaminya. Tidak cukup hanya melakukan pencegahan, sebaiknya kamu juga harus tahu bagaimana pertolongan pertama untuk mengatasi luka bakar.

Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Luka Bakar

Penyebab yang paling umum seseorang mengalami cedera luka bakar biasanya karena bersentuhan langsung dengan sumber panas. Seperti korek api, percikan minyak panas saat menggoreng makanan, setrika yang sedang beroperasi, aliran listrik, hingga paparan bahan kimia.

Cedera luka bakar mengakibatkan kerusakan pada permukaan kulit. Seseorang yang mengalami cedera luka bakar biasanya akan merasakan panas hingga sangat pedih pada bagian yang terluka.

1. Kategori dan Tingkatan Luka Bakar

Sebelum kamu mengetahui bagaimana pertolongan pertama yang harus di lakukan saat seseorang mengalami luka bakar. Ada baiknya kamu mengenal beberapa tingkatan pada luka bakar sebagai berikut.

  • Luka Bakar Tingkat 1

Pada luka bakar tingkat 1 ini masuk dalam kategori luka bakar ringan. Luka bakar tingkat 1 ini paling umum di sebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung. Biasanya luka bakar ringan memiliki area luka yang tidak lebih dari 8 centimeter. Selain itu hanya terluka pada kulit bagian luar. Penderitanya akan mengalami rasa sakit, kemerahan, bahkan hingga bengkak.

  • Luka Bakar Tingkat 2

Lebih parah dari luka bakar sebelumnya. Luka bakar tingkat 2 biasa di kategorikan dengan luka bakar sedang. Sebaiknya penderita luka bakar tingkat 2 ini di lakukan perawatan medis darurat. Hal ini di karenakan luka bakar yang sudah sampai pada lapisan kulit mati dan cenderung melepuh. Proses penyambuhan pada luka bakar tingkat 2 ini biasanya membutuhkan waktu hingg3 minggu lamanya.

Luka Bakar Tingkat 2
  • Luka Bakar Tingkat 3

Untuk luka bakar tingkat 3 ini termasuk dalam kategori luka bakar serius. Hal ini di karenakan luka yang di alami sudah merusak seluruh lapisan kulit, lemak, bahkan yang lebih parah lagi hingga merusak otot dan tulang. Selain itu, penderita luka bakar serius bisa mengalami keracunan karbon monoksida, sesak nafas, dan kulit yang terbakar hangus.

1. Pertolongan Pertama Pada Penderita Luka Bakar

Luka bakar yang bisa di lakukan pertolongan pertama biasanya hanya untuk luka bakar dengan kategori ringan. Namun kamu juga bisa mengkondisikan luka bakar sedang untuk dilakukan pertolongan pertama sebelum akhirnya dilakukan perawatan medis. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan pertolongan pertama pada penderita luka bakar :

  • Basuh dengan air bersih yang mengalir untuk beberapa saat.
  • Setelah itu kamu bisa mengompres dengan kain basah yang dingin. Hal ini untuk menghilangkan rasa perih.
  • Jika kulit terlihat melepuh dan seperti ada cairan di dalamnya, sebaiknya hindari untuk memecahkan luka agar tidak terjadi iritasi.
  • Kamu juga bisa melakukan pengobatan dengan mengoleskan salep yang bisa menghilangkan rasa sakit.
  • Namun jika luka bakar masuk kedalam kategori sedang dan tidak memberikan efek saat di lakukan cara di atas, itu artinya penderita membutuhkan perawatan medis darurat.
Mangatasi laka bakar dengan air mengalir

Peringatan : Untuk luka bakar dengan kategori serius tidak bisa hanya di lakukan pertolongan pertama. Sebaiknya segera hubungi ambulance atau segera larikan ke UGD terdekat.

Pastikan juga kamu menjauhkan korban terutama pada penderita luka serius dari sumber api. Jangan berikan air dingin untuk luka bakar yang luas, hal ini agar mencegah penderitanya mengalami hipotermia. Kamu bisa membaringkan pasien dengan kaki terangkat minimal 40 cm. Sesekali perhatikan hembusan nafas korban dan bila perlu berikan nafas buatan jika memang di butuhkan.***