manfaat cuka apel untuk kesehatan

Pemilik kulit wajah sensitif pasti memiliki perjuangan untuk menemukan produk yang sesuai dengan kulit wajahnya. Jika salah, bukannya makin sehat dan bersih tapi justru menimbulkan berbagai masalah kulit baru. tapi, tenang saja, bagi kamu pemilik kulit sensitif ada beberapa tips perawatan kulit supaya tipe kulit sensitif aman saat menggunakan produk perawatan wajah. berikut ulasannya.

1. Gunakan produk perawatan sewajarnya, jangan berlebihan

tips perawatan kulit sensitif

Banyak wanita menggunakan berbagai macam produk yang dapat memberi banyak manfaat untuk kulit, namun sebaiknya hal ini kamu hindari. Bagi pemilik kulit sensitive lebih baik menggunakan sedikit produk saja. semakin sedikit produk yang kamu gunakan, maka risiko iritasi pun akan semakin kecil. Hal ini karena kamu tidak mengaplikasikan berbagai kandungan pada perawatan wajah yang dapat memicu iritasi.

Yang terpenting adalah gunakan pembersih, pelembab serta tabir surya. Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan serum atau toner. Jika kamu merasa timbul reaksi negatif dari sebuah produk jangan ragu untuk segera menghentikannya.

2. Baca Label produk dengan cermat

label produk

Memiliki kulit sensitif mengharuskan kamu menjadi orang yang lebih teliti. Itu sebabnya pastikan untuk membaca label produk dengan cermat. Kulit sensitive umumnya rentan pada penggunaan bahan keras. Bukan berarti harus menghindarinya 100 persen, hanya saja kurangi jangka pemakaian. Beberapa bahan aktif yang perlu kamu batasi pemakaiannya adalah vitamin C, retinol, dan alfa hidroksi acids.  Penting untuk membaca keterangan produk sebelum memutuskan menggunakannya, dengan begitu kamu bisa menghindari risiko iritasi pada kulit.

Lantas, bahan apa saja yang baik untuk kulit sensitive? Yakni, ekstrak teh hijau, alga, squalene, bakuchiol dan lainnya. jangan lupa untuk menggunakan pembersih yang lembut dan netral, kamu bisa memilih Cetaphil untuk wajah kamu. dengan begitu, wajah tidak akan meradang dan memerah setelah kamu mencuci wajah.

Selain itu, hindari pula menggunakan pembersih yang berbusa karena dapat membuat kulit kering. jangan lupa untuk rutin membersihkan wajah dua kali sehari. Jika kamu ingin menggunakan toner, pilihnya yang memiliki manfaat untuk menyeimbangkan ph kulit. Beberapa bahan yang dapat kamu coba adalah air mawar, asam hialuronat, ekstrak chamomile, dan lidah buaya.

Sedangkan, untuk pelembab, lebih baik yang memiliki kemampuan sebagai penghalang guna menjadi kulit tetap terhidrasi. Jangan lupa untuk menghindari produk dengan bahan alkohol karena dapat menyebabkan iritasi.

3. Lakukan eksfoliasi dengan hati-hati

ekfoliasi kulit

Tips perawatan kulit sensitif selanjutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi secara hati-hati. Memiliki kulit sensitif bukan berarti membuat kamu tidak melakukan eksfoliasi. kamu tetap harus melakukannya, namun dengan lebih hati-hati. Daripada menggunakan scrub lebih baik menggunakan produk dengan asam buah atau asam poli hidroksi selama dua atau tiga kali dalam seminggu.

4. Gunakan produk dengan manfaat melindungi kulit

melindungi wajah

Produk apapun yang kamu gunakan harus memiliki fungsi untuk melindungi kulit, terutama lapisan kulit luar yang rentan. Untuk itu, pilihlah produk dengan kandungan niacinamide, asam amino, peptides, ceramides atau asam lemak. Umumnya, kandungan tersebut terdapat dalam serum maupun pelembab.

5. Gunakan SPF

spf

Setiap orang harus melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama bagi para pemilik kulit sensitif. Pemilik jenis kulit ini sangat sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, penting untuk selalu menggunakannya di saat kamu keluar ruangan. Pilihlah tabir surya dengan kandungan bahan dasar mineral berspektrum luas karena akan lebih mudah ditoleransi kulit.

BACA JUGA: Khasiat Air Lemon Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

By Intan