penyebab skincare tidak bekerja

Kamu mungkin bertanya-tanya, kamu sudan menggunakan skincare tapi kenapa tidak ada perubahan pada kulit wajahmu. Semuanya tampak sama, atau perubahannya tidak signifikan. Eits, ini bukan berarti produk skincare tersebut buruk, bisa jadi beberapa hal ini menjadi biang keroknya. Yuk, ketahui penyebab skincare tidak bekerja. 

1. Jam Biologis Kulit Terganggu

Tahukah kamu? Tubuh memiliki jam biologis atau ritme sirkadian yang mengatur berbagai fungsi seperti kebiasaan makan, suhu tubuh, pencernaan, kadar hormon, siklus harian tidur dan bangun.

Seperti tubuh, kulit juga memiliki ritme sirkadian. Pada siang hari kulit terpapar berbagai agresor lingkungan. Oleh karena itu pada malam hari kulit memperbaiki kerusakan yang terjadi pada siang hari, sehingga dalam mode pemulihan.

Namun, perubahan gaya hidup dan faktor lingkungan dapat menyebabkan ritme sirkadian kulit tidak sinkron.

2. Kulit Sudah Biasa Dengan Rutinitasmu

penyebab skincare tidak bekerja

Saat kamu mengikuti rutinitas perawatan kulit dalam waktu lama, kulit akan terbiasa. Kulit tidak konstan dan oleh karena itu kebutuhannya berubah dengan berbagai faktor seperti pola makan, gaya hidup, ketidakseimbangan hormon dan juga penuaan.

Misalnya, ketika remaja, kamu lebih rentan untuk mengalami masalah kulit seperti jerawat. Namun ketika berusia tiga puluhan, kamu lebih rentan mengalami masalah kulit seperti bintik-bintik hitam, garis-garis halus dan kerutan.

Inilah penyebab skincare tidak bekerja dengan baik dan ternyata tidak berguna atau bahkan membahayakan kulit di lain waktu. Dianjurkan untuk mengubah rutinitas perawatan kulit serta gunakan produk yang sesuai jenis kulit kamu. Misalnya, seperti kulit berminyak, kulit sensitif. Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan khusus.

Sebaiknya ubah rutinitas perawatan kulit setelah beberapa minggu. Kamu juga dapat menjalani tes analisis kulit untuk produk yang disesuaikan sesuai kebutuhan kulitmu.

3. Mengalami Ketidakseimbangan Hormonal

Hormon adalah pembawa pesan kimiawi yang berperan integral dalam menjalankan berbagai proses tubuh seperti metabolisme, pertumbuhan, perkembangan, fungsi seksual, reproduksi, dan suasana hati. Mereka tidak hanya mempengaruhi proses tubuh tetapi juga mempengaruhi kesehatan kulit.

Misalnya, peningkatan produksi androgen dapat menyebabkan produksi sebum berlebih sehingga membuat kulit berminyak dan rentan berjerawat.

Terkadang, bukan produk perawatan kulit tetapi ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan masalah kulit. Lalu apa yang harus kamu lakukan? Dalam situasi ini, kamu perlu mengunjungi dokter kulit. Ia dapat melakukan pemeriksaan apakah hormon tertentu tidak seimbang dan menyarankan pengobatannya yang tepat untuk kamu.

BACA JUGA: Manfaat Serum untuk Kulit Berdasarkan Jenisnya

4. Tidak Merespon Perubahan Iklim

penyebab skincare tidak bekerja

Kondisi iklim dan masalah perawatan kulit berjalan seiring dan bersama-sama menentukan rutinitas perawatan kulit yang perlu kamu gunakan. Faktor lingkungan seperti kelembapan dan sinar UV mengganggu keefektifan perawatan kulit yang kamu gunakan.

Di cuaca dingin, kulit rentan terhadap kekeringan karena kurangnya kelembapan. Sedangkan, saat musim panas, kulit lebih rentan berjerawat dan komedo karena produksi keringat dan sebum yang berlebihan. Demikian pula, krim hidrasi berat dan pelembab bekerja dengan baik di cuaca dingin tetapi mungkin tidak efektif dalam cuaca panas dan lembab.

Gunakan tabir surya ringan dan pembersih lembut saat cuaca panas. Sedangkan pilih pelembab berbasis asam hialuronat di saat cuaca dingin.

5. Tidak Melakukan Eksfoliasi Secara Teratur

manfaat toner

Setiap 28 hari, kulit diperbarui dan lapisan kulit mati menumpuk di permukaan kulit. Penumpukan sel kulit mati, kotoran, sisa riasan, dan semua kotoran lainnya akan memengaruhi permeabilitas dan penyerapan produk perawatan kulit.

Tidak ada masalah dalam membeli krim pencerah kulit yang mahal, sampai kamu mengelupas sel kulit mati. Oleh karena itu, mencuci wajah dan mengelupas dengan pembersih berbasis asam alfa hidroksi dua kali seminggu sangat penting.

Pembersihan dan pengelupasan kulit secara teratur akan mengangkat sel-sel kulit mati dari kulitmu, sehingga membuatnya cerah. Ini juga akan meningkatkan fungsi dan manfaat produk perawatan kulit yang kamu gunakan.

BACA JUGA: Jadi Bahan Utama Skincare, Ini Manfaat AHA untuk Kulit

By Intan