manfaat Essential Oil Diffuser

Kesibukan yang bertumpuk di tambah berbagai tekanan sering menyebabkan stress yang sulit untuk kita hindari. Jika tak kunjung kamu atasi, stress bisa mengganggu aktifitas fisik dan mental, lho. Tapi ternyata minyak Esensial bisa membantunya. Berikut beberapa minyak esensial untuk mengatasi stress yang bisa kamu coba. 

Minyak Esensial untuk Mengatasi Stres

Beberapa minyak esensial memiliki manfaat untuk mengatasi stress. Tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Berikut beberapa minyak atsiri untuk membantu meredakan stress kamu. 

1. Minyak Esensial Lavender

Minyak Esensial untuk Mengatasi Stress

Salah satu minyak esensial paling terkenal dalam aromaterapi, minyak lavender. Ini karena efek menenangkan pada tubuh dan pikiran serta kemampuannya untuk mengurangi kecemasan. 

Dalam sebuah penelitian yang yang terbit dalam International Journal of Nursing Practice, aromaterapi yang menggunakan semprotan minyak lavender 3% pada pakaian terbukti efektif dalam mengurangi stres terkait pekerjaan selama tiga hingga empat hari.

Minyak lavender dapat kamu temukan di berbagai produk aromaterapi, termasuk pada minyak pijat. 

Secara keseluruhan, minyak lavender memiliki efek menenangkan tubuh dan sangat berguna dalam mengurangi stres.

BACA JUGA: 5 Manfaat Kaktus dalam Ruangan, Berguna Banget!

2. Minyak Esensial Bergamot

Minyak esensial untuk mengatasi stress selanjutnya adalah Bergamot. Jenis minyak esensial bergamot banyak orang gunakan dalam aromaterapi. Bersumber dari kulit buah jeruk yang terkenal sebagai Citrus bergamia, minyak esensial ini dapat membantu mengurangi stres.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak tersebut dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi.

Saat menggunakan minyak esensial bergamot untuk menghilangkan stres, minyak harus kamu kombinasikan dengan minyak lain seperti minyak alpukat. Sebelum kamu oleskan secukupnya ke kulit atau kamu tambahkan ke bak mandi.

Kamu juga bisa menghirup aroma yang menenangkan dengan memercikkan satu atau dua tetes minyak ke kain atau tisu atau menggunakan diffuser aromaterapi.

3. Minyak Esensial Sereh

Minyak Esensial untuk Mengatasi Stress

Minyak esensial untuk mengatasi stress selanjutnya adalah minyak sereh. Untuk menghilangkan kecemasan secara alami, beberapa orang menggunakan aromaterapi yang menggunakan minyak esensial serai. Menghirup aroma minyak atau mengoleskannya ke kulit secukupnya dianggap dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi gejala kecemasan.

BACA JUGA: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Banyak Kegunaannya!

4. Minyak Esensial Neroli

Obat aromaterapi dengan aroma manis dan pedas, minyak esensial neroli terkadang juga orang gunakan untuk meredakan kecemasan.

Menghirup aroma minyak esensial ini dapat membantu menenangkan dan menghentikan kekhawatiran yang berlebihan.

Menghirup neroli bisa kamu gunakan sebagai obat penenang di beberapa pusat kesehatan di luar Amerika Serikat. 

Sebuah studi tahun 2005 menggunakan rangsangan penciuman dengan lemon menemukan bahwa lemon meningkatkan konsentrasi, suasana hati, dan memori pada murid kelas empat.

5. Minyak Esensial Lemon

Minyak esensial lemon, yang bersumber dari daun tanaman lemon, sejak dulu terkenal memiliki sifat penenang dan mengurangi kecemasan. Kamu bisa menggunakannya untuk meredakan stres. Minyak ini bisa membuat pikiran tenang dan tubuh menjadi lebih rileks. 

BACA JUGA: Manfaat Guided Imagery Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

By Intan