Floreame.net – Tips ampuh untuk menghindari mabuk perjalanan. Saat sedang berpergian, beberapa orang biasanya memiliki masalahnya tersendiri terutama saat perjalanan. Masalah yang paling umum terjadi pada kebanyakan orang adalah mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan adalah kondisi di mana seseorang mengalami kondisi mual yang terjadi di akibatkan oleh gerakan yang di raih secara visual maupun gerak sistem.

Tidak hanya mual, biasanya seseorang yang mengalami mabuk perjalanan akan merasakan pusing di sertai badan yang terasa tidak stabil. Jika kamu memiliki masalah tersebut setiap kali melakukan perjalanan, sebaiknya ikuti beberapa tips di bawah ini agar kamu tidak lagi mengalami mabuk perjalanan.

menghindari mabuk perjalanan

Beberapa tips ampuh untuk menghindari mabuk perjalanan yang bisa kamu lakukan :

1. Tidur Cukup Sebelum Perjalanan

Pastikan kamu istirahat dan tidur dengan cukup sebelum melakukan perjalanan. Hal ini bertujuan agar badan menjadi lebih segar dan tentunya bisa mengulangi perasaan mual.

2. Sesekali Menghirup Udara Segar

Hal yang ampuh untuk menghilangi rasa mual saat mengalami mabuk perjalanan adalah dengan mencari udara segar. Sebaiknya kamu mencari tempat duduk yang dekat dengan jendela. Sehingga saat mulai terasa mual, kamu bisa membuka jendela sedikit agar udara dari luar bisa masuk dalam kendaraan.

mencari udara segar

3. Jangan Lupa Membawa Minyak Angin

Minyak angin merupakan sesuatu yang tidak boleh tertinggal saat kamu sering mengalami mabuk perjalanan. Dengan menghirup minyak angin atau mengoleskannya ketubuh tentu akan membantu mengurangi mual saat dalam perjalanan.

4. Pilih Posisi Duduk Yang Tidak Terasa Guncangan

Memilih posisi duduk juga menjadi hal yang menentukan dan bisa membantu kamu terhindar dari mabuk perjalanan. Kamu bisa memilih posisi duduk yang tidak terlalu terasa guncangan. Posisi duduk terbaik untuk menghindari mabuk perjalanan adalah di belakang supir.

5. Mengkonsumsi Permen Jahe

kamu bisa mengkonsumsi permen jahe untuk menghindari rasa mual yang di akibatkan oleh mabuk perjalanan. Beberapa riset menemukan bahwa mengkonsumsi permen jahe memang bermanfaat untuk mengurangi rasa mual. Sebaiknya konsumsi permen jahe beberapa jam sebelum waktu keberangkatan.

menghindari mabuk perjalanan, konsumsi permen jahe

6. Makan dan Minum dengan Cukup

Saat perjalanan, kondisi perut juga menentukan apakah kamu akan merasakan mual dan pusing saat perjalanan. Oleh karena itu, pastikan kondisi perut dalam keadaan baik sebelum melakukan perjalanan.

Sebaiknya makan dengan cukup dan jangan terlalu berlebihan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan air minum yang cukup. Karena apabila kamu mengalami dehidrasi, itu akan meningkatkan peluang kamu merasakan mual dan juga pusing.

7. Sibukkan Diri Saat Perjalanan

Untuk menghindari mual akibat mabuk perjalanan, kamu bisa mencoba melakukan beragam aktifitas di dalam kendaraan. Sebagai alternatif kamu bisa mendengarkan musik kesukaan atau membaca buku agar tubuh menjadi lebih rileks.

menghindari mabuk perjalanan membaca buku

8. Mengkonsumsi Makanan Ringan

Kamu bisa mengkonsumsi makanan ringan saat sedang dalam perjalanan. Hal ini terbukti ampuh untuk mencegah terjadinya mual serta mabuk perjalanan.

9. Minum Obat Anti Mual

Jika segala upaya sudah di lakukan dan belum mendapatkan hasil. Pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi obat anti mual. Dengan mengkonsmsi obat anti mual, kamu akan merasakan lebih cepat ngantuk hingga akhirnya tertidur dalam perjalanan.

Itulah beberapa tips ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menghindari mabuk perjalanan. Selain melakukan beberapa tips di atas, pastikan juga kamu dalam keadaan psikologis yang baik. Hindari stress yang berlebihan dan buatlah agar perjalananmu menjadi lebih menyenangkan.***