makanan untuk kesehatan

Kebanyakan orang berpikir menu sarapan tidaklah penting, yang penting mereka makan untuk mendapatkan energi di pagi hari. Padahal ini tidaklah sepenuhnya benar, kamu perlu memilih menu makanan di pagi hari yang sehat dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Untuk itu, kami memiliki daftar makanan untuk sarapan yang bisa kamu konsumsi. Dilansir dari Healtline, berikut menu makanan yang baiknya kamu konsumsi di pagi hari. 

1. Telur

makanan untuk sarapan

Telur memang menyehatkan dan lezat. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori pada waktu makan berikutnya dan membantu menjaga gula darah dan kadar insulin tetap stabil.

Selain itu, pada bagian kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan otak dan hati.

Meskipun tinggi kolesterol, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol pada kebanyakan orang.

Faktanya, makan telur utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan memodifikasi bentuk kolesterol LDL “jahat”, meningkatkan kolesterol HDL “baik” dan meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Kopi

kopi

Kopi adalah minuman yang luar biasa untuk mulai menjalani harimu yang padat. Minuman ini tinggi kafein, yang telah terbukti meningkatkan suasana hati, kewaspadaan dan kinerja mental.

Kafein juga telah terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Dalam sebuah penelitian, 100 mg kafein per hari membantu orang membakar 79–150 kalori ekstra selama kurun waktu 24 jam. 

Selain itu, kopi kaya akan antioksidan, yang mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit hati.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Makanan Penurun Berat Badan

3. Oatmeal

makanan untuk kesehatan

Makanan untuk sarapan selanjutnya adalah Oatmeal. Oatmeal adalah pilihan sarapan terbaik untuk pecinta sereal. Makanan ini terbuat dari gandum tanah, yang mengandung serat unik yang disebut oat beta-glukan. Serat ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk mengurangi kolesterol.

Oat juga kaya akan antioksidan. Kandungan sntioksidan ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. 

Meskipun tidak mengandung gluten, gandum sering diproses di fasilitas yang sama seperti biji-bijian yang mengandung gluten. 

Oleh karena itu, penderita penyakit celiac atau sensitivitas gluten harus memilih oat yang telah disertifikasi bebas gluten.

4. Buah

Buah bisa menjadi bagian lezat dari sarapan bergizi. Semua jenis buah mengandung vitamin, potasium, serat dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah cincang menyediakan sekitar 80-130 kalori, tergantung pada jenisnya.

Buah jeruk juga sangat tinggi vitamin C. Faktanya, satu jeruk besar menyediakan lebih dari 100% asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. Buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi.

BACA JUGA: 5 Makanan Penyebab Perut Buncit, Hindari Sebelum Terlambat

By Intan