Site icon Floreame

Manfaat Serum untuk Kulit Berdasarkan Jenisnya

Serum adalah produk topikal dengan viskositas tipis yang mengandung sejumlah bahan aktif yang terkonsentrasi. Produk perawatan yang satu ini memiliki sejumlah manfaat untuk kulit. Manfaat serum sendiri yakni kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, dari mulai jerawat, perubahan warna kulit, kulit yang kusam, serta mengatasi tanda penuaan seperti garis halus. Serum sendiri memiliki beberapa variasi atau jenis berdasarkan manfaat utamanya. Berikut jenis serum dan kegunaannya. 

1. Serum Anti-aging serums

Skincare yang satu ini memiliki kegunaan untuk membuat kulit awet muda, bahkan meremajakan kulit. Serum tersebut mendorong produksi kolagen serta peremajaan kulit. Kandungannya sendiri umumnya terdiri dari retinol serta bakuchiol, atau salah satu dari keduanya. Jika kamu mendambakan kulit yang kencang dan awet muda, maka serum ini sangat kami rekomendasikan. 

2. Skin-brightening serums

Siapa sih yang tak ingin memiliki kulit cerah dan jauh dari kata kusam? Tentu semua orang mendambakannya bukan? manfaat serum yang satu ini dapat mencerahkan kulit karena kandungan antioksidan serta kandungan lain di dalamnya yang mampu mengurangi pigmen sehingga kulit tampak lebih cerah. 

Umumnya, serum ini memiliki kandungan  vitamin C, asam glikolat, asam kojic, asam ferulic, ekstrak jamur, akar licorice, atau asam laktat. 

BACA JUGA: Manfaat Garam Untuk Kecantikan Kulit, Wajah Juga Tubuh

3. Hydrating serums

Hydrating serums mengandung asam hialuronat, molekul yang secara fisik mengikat air di kulit agar terlihat segar dan lebih muda.

Seiring bertambahnya usia, kolagen pada kulit menjadi berkurang, lain halnya dengan kulit anak-anak. Kurangnya kolagen inilah yang menyebabkan kulit menjadi tampak tua. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan jenis serum yang satu ini. 

Serum topikal dengan asam hialuronat dapat mengikat air sementara di lapisan superfisial kulit. Produk ini juga dapat membuat kulit tampak lebih segar dan mengurangi minyak pada wajah. Ia juga memiliki kemampuan untukmeminimalkan munculnya garis-garis halus yang menjadi tanda penuaan

Hydrating serumi sering kali mengandung vitamin B5, yang membantu melembabkan kulit, membuatnya tampak lebih halus dan lebih terhidrasi.

BACA JUGA: Menenangkan, Ini 5 Minyak Esensial untuk Mengatasi Stress

4. Free-radical fighting serums

Antioksidan melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit yang sehat. Untuk membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, pilih serum yang mengandung bahan seperti vitamin C, A, dan E, serta resveratrol.

Selain itu, carilah niacinamide (suatu bentuk vitamin B3), yang merupakan bahan yang menenangkan, melembabkan, dan anti-inflamasi yang dikombinasikan dengan bahan aktif lainnya untuk meminimalkan iritasi dan menenangkan kulit sensitif.

5. Acne and sensitive skin serums

Untuk membantu meningkatkan tekstur kulit dan penampilan kulit secara keseluruhan, penggunaan serum dengan serum dengan kandungan asam glikolat lebih tepat untuk tujuan terserbut.

Serum yang satu Ini juga dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang kusam, berubah warna, maupun meratakan warna kulit dan membantu mengatasi jerawat

BACA JUGA: Bikin Kulit Mulus, Ini 7 Manfaat Toner untuk Wajah

Exit mobile version